BERBAGI

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Dinas Kesehatan Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) memberikan pelayanan ekstra kepada Hilda Indriani (3) penderita Hydrocephalus warga Tirta Kencana Rk03/Rt10, Kecamatan Tulangbawang Tengah anak kembar pasangan Bambang Susilo dan Sri Wahyuni.

Kepala Dinas Kesehatan Tubaba Majril, S.Kep,Ns, MM mengatakan setelah tim Dinas Kesehatan didampingi tenaga medis dari Puskesmas Candra Mukti dan kepalo tiyuh melakukan kunjungan langsung ke rumah Hilda Indriani (3) dan melakukan pemeriksaan kesehatannya, pihaknya juga telah memutuskan beberapa tindakan yang akan diberikan kepadanya.

“Kepada keluarga Hilda, kami memberikan makanan tambahan (PMT), obat-obatan dan susu laktona 3. Untuk pertumbuhan tubuhnya normal dan dia tidak tergolong kurang gizi, hanya menderita Hydrocephalus dan sering kejang-kejang serta belum bisa berjalan,” terangnya kepada Netizenku.com, Selasa (25/2).

Selain itu, lanjut dia, dinas akan melakukan pengalihan jaminan kesehatan dari BPJS mandiri menjadi PBI daerah yang mulai berlaku pada April 2020 mendatang, serta menyediakan fasilitas kendaraan ambulans apabila pasien perlu dilakukan rujukan ke rumah sakit di saat kesehatan Hilda memburuk.

“Kami juga memfasilitasi penyediaan layanan kesehatan baik dokter maupun perawat ketika sewaktu-waktu dibutuhkan Hilda Indriani,” katanya.

Di waktu berselang, Camat Tulangbawang Tengah, Achmad Nazaruddin dan Dinas Sosial diwakili Yusuf, dan aparatur tiyuh setempat juga mengunjungi kediaman Hilda. Dalam kunjungan itu pihaknya memberikan bantuan sembako, makanan pendamping, susu, dan selimut.

“Soal bantuan berbentuk dana, ini sedang kita koordinasikan berapa kebutuhannya di luar BPJS, karena untuk penggantian selang saja membutuhkan dana hingga Rp17-an juta dan kita juga akan berupaya untuk menggalang dana guna membantu pengobatan Hilda di luar yang ditanggung BPJS,” paparnya.

Dalam kunjungan itu, pihaknya juga menyupport agar kedua orang tua Hilda  tetap semangat dalam mengurusnya, serta menitipkan kepada Kepalo Tiyuh Tirta Kencana agar memberikan perhatian lebih.

“Kami juga minta kepalo tiyuh jika ada apa-apa dengan Hilda segera koordinasikan ke tingkat kecamatan,” singkatnya. (Arie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here