BERBAGI
Bupati Pesawaran menerima Pimpinan Umum Lentera Swara Lampung di ruang kerjanya.

Pesawaran (Netizenku.com):“Anak muda di Pesawaran ini banyak yang kreatif. Itu yang saya amati selama ini,” kata Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona, saat menerima kunjungan Pimpinan Umum Harian Lentera Swara Lampung, Hendri Std, di ruang kerjanya, Kamis (7/11).

Kreativitas itu, tambah Dendi, merupakan potensi besar bila mampu diarahkan secara optimal. “Ini era kreativitas. Industri kreatif banyak bermunculan. Tinggal mampukah para pemuda menyadari potensi tersebut untuk kemudian menumbuhkembangkan kreativitas ke arah produktivitas,” sambung kepala daerah yang tergolong masih muda ini.

Dendi juga menyinggung makna kreatif dan kreativitas itu sendiri. Seperti sama-sama dipahami, ungkapnya, bahwa kreatif dapat dimaknai sebagai daya cipta. Sedangkan kreativitas, masih menurutnya, lebih menekankan kepada ‘kemampuan’ mencipta.

“Sangat disayangkan bila pemuda yang tergolong kreatif namun berhenti hanya sebatas itu saja, tanpa terus berproses untuk mengubahnya menjadi kreativitas. Karena daya cipta atau kreatif tanpa ditindaklanjuti dengan keinginan dan kemampuan mengejawantahkannya dalam bentuk kreativitas, maka tidak akan menghasilkan apa-apa, selain kesenangan atau kepuasan sesaat bagi yang bersangkutan,” papar Dendi.

Untuk itu, selaku kepala daerah, dia mendorong para pemuda di Pesawaran untuk mulai mengenali potensi diri dan mengasahnya menjadi sebuah kreativitas. Sebuah upaya berkesinambungan. Dengan demikian akan muncul banyak potensi kreatif yang bukan tidak mungkin akan memberi nilai ekonomi.

“Mari pemuda dan pemerintah saling bersinergi. Nanti, setelah potensi-potensi itu muncul ke permukaan, peran pemerintah bukan tidak mungkin akan hadir. Ada ruang yang bisa diisi pemerintah. Seperti mengakomodir, mengarahkan atau bahkan memfasilitasi pengembangan berbagai kreativitas yang ada,” kata Dendi yang juga sebagai Ketua Karang Taruna Provinsi Lampung ini.

Pada kesempatan tersebut dirinya juga mengajak media massa untuk bersama-sama berkontribusi dalam menggairahkan kreativitas pemuda-pemudi di Pesawaran. “Koran harian Swara Lampung tentu sangat dibutuhkan perannya untuk ikut membantu menumbuhkembangkan kreativitas pemuda. Ini sejalan dengan salah satu fungsi media yang turut diharapkan mengedukasi publik,” harap Dendi.

Di akhir pertemuan, Bupati Pesawaran ini kembali menyinggung arti besar peran pemuda bagi daerah. “Saya yakin anak muda Pesawaran bisa maju kalau dibarengi dengan keinginan besar untuk belajar, menyerap hal baru yang positif, dan mau mandiri menuangkan kreativitasnya. Sebab, tak ada ruginya menjadi anak muda kreatif, justru akan banyak keuntungannya.

Percayalah, saya juga masih muda. Jadi tahu bagaimana bangganya menjadi pemuda kreatif dan mandiri. Berbuat dulu, bukankah hasil tidak pernah mengkhianati proses,” pungkas Dendi seraya menyitir sebuah ungkapan. (Pipit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here