BERBAGI

Pesawaran (Netizenku.com): Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona, mengutarakan dengan melakukan puasa setiap manusia diharapkan untuk mampu menjadikan dirinya sehat jasmani dan kokoh rohaninya dari gejolak syahwatnya serta puasa juga mengandung didikan memperkuat mental dan spiritual serta memperteguh kesabaran. Hal ini di sampaikan Dendi pada kunjungan silaturahmi Ramadhan di Masjid Al-Fallah Dusun Pesawaran Induk Desa Pesawaran Kecamatan Kedondong, Selasa petang (14/5).

“Pada saat berpuasa kita berusaha untuk menahan haus dan lapar padahal dihadapan kita terbentang aneka ragam makanan dan minuman. Hal ini berlangsung selama satu hari tanpa ada yang mengawasi/mengontrol kecuali oleh Allah SWT. Tanpa kemauan yang kuat dan kesabaran dari insan maka tidak mustahil banyak yang berusaha untuk membatalkan puasanya,” ungkap Dendi.

Di katakan Dendi, dengan berpuasa bisa mengenal nilai sebuah kenikmatan. Pada saat berbuka puasa tiba akan merasakan betapa seteguk air putih dan sepiring nasi akan terasa sangat nikmat. Hal ini tidak akan diketahui nilainya manakala tubuh tidak pernah merasakan keringnya kehausan dan pahitnya kelaparan.

“Dengan puasa kita juga bisa mengenal kesengsaraan orang lain. Kita bisa merasakan bagaimana perasaan saudara kita yang mengalami kelaparan dan kehausan. Kita bisa merasakan bagaimana nasib saudara-saudara kita yang tidak seberuntung diri kita,” katanya.

Diharapakan Dendi, dari hasil pelaksanaan puasa selama satu bulan penuh maka setelah puasa kelak bisa menjelma menjadi insan, yang mampu mengendalikan diri, menjadi orang yang sehat jasmani dan rohani sabar, mempunyai kemauan yang kuat untuk maju, selalu mensyukuri nikmat yang diberikan oleh tuhan, serta  bisa mempunyai nilai kepedulian sosial yang tinggi terhadap sesama manusia.

“Keberadaan Rombongan Safari Ramadhan Kabupaten Pesawaran di tengah bapak/ibu sekalian merupakan upaya untuk memupuk jalinan silaturahmi, antara pemerintah (umaro) dengan ulama dan umat. Kegiatan ini merupakan langkah untuk membangun ukhuwah Islamiyah. Sehingga diharapkan dapat terbangun hubungan yang harmonis antara umaro, ulama dan umat,” ungkapnya.

Dendi juga dalam kesempatan tersebut pihaknya atas nama Pemerintah Kabupaten Pesawaran, mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat khususnya masyarakat kecamatan Kedondong agar dapat bersama-sama untuk meningkatkan etos kerja, disiplin dan pengabdian sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing sehingga roda penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan di kabupaten Pesawaran tetap terus berjalan.

“Mari secara bersama-sama meningkatkan kualitas keimanan, ketakwaan dan keilmuan sehingga diharapkan dapat terbentuk masyarakat Pesawaran yang berkemampuan Iptek (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) dan bersemangat Imtak (Beriman dan b
Bertakwa). Mari kita tingkatkan semangat gotong-royong sehingga bisa terpupuk rasa kebersamaan, senasib dan sepenanggungan. Berat sama dipikul ringan sama dijinjing. Juga bisa saling memelihara kerukunan hidup beragama dalam kehidupan bermasyarakat baik antar sesama maupun dengan pemeluk agama lain,” pintanya.

Diketahui dalam kegiatan safari ramadhan tersebut juga diserahkan bantuan berupa Bantuan Masjid sebesar Rp5 juta, dua karpet lantai untuk masjid, Santunan Kepada Anak Yatim Piatu sebanyak 80 orang, Santunan Kaum Duafa sebanyak 120 orang serta Bedah Rumah Sebanyak 2 Unit oleh Baznas Kabupaten Pesawaran. (Soheh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here