oleh

Dendi: Gedung PA Gedongtataan Harus Beri Keadilan Bagi Pihak Berselisih

Pesawaran (Netizenku.com): Dibangunnya Gedung Pengadilan Agama Gedongtataan yang didirikan di lokasi komplek perkantoran Pemkab Pesawaran, bukan hanya menjadi tempat perceraian, akan tetapi juga harus dapat menjadi tempat memberikan keadilan bagi kedua belah pihak yang berselisih.

Demikian diungkapkan Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona saat menghadiri peletakan batu pertama pembangunan Gedung Pengadilan Agama Gedongtataan, Kamis (30/6).

“Saya berharap agar Pengadilan Agama bukan hanya menjadi tempat perceraian, tapi harus dapat menjadi tempat memberikan keadilan bagi kedua belah pihak yang berselisih. Seperti halnya penyelesaian perkara hibah, waris, sengketa harta bersama, perlindungan hak perempuan dan anak paska perceraian, agar sedapat mungkin diupayakan penyelesaiannya melalui jalur mediasi oleh pengadilan, sehingga permasalahan tidak menjadi berkepanjangan,” ujar Dendi.

Baca Juga  Muslimat NU Bernung Gelar Pengajian Akbar dan Dzikir Bersama

Menurutnya, Pengadilan Agama merupakan Pengadilan Tingkat Pertama bertugas dan berwenang memeriksa, memutus, dan menyelesaikan perkara-perkara ditingkat pertama antara orang-orang yang beragama Islam, sebagaimana diatur dalam Pasal 49 Undang-undang Nomor 50 Tahun 2010 tentang Pengadilan Agama khusunya yang berada diwilayah hukum Kabupaten Pesawaran.

“Pembangunan Gedung Pengadilan Agama Gedong Tataan ini di merupakan wujud dari rasa syukur atas terpenuhinya sarana dan prasarana dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat yang telah lama dinantikan. Semoga dengan dibangunnya gedung baru ini, mampu mendorong peningkatan pelayanan prima kepada masyarakat pencari keadilan di Kabupaten Pesawaran. Dan seluruh jajaran Pengadilan Agama Gedong Tataan dapat semakin bersemangat dan termotivasi untuk tampil terdepan sebagai badan Pengadilan agama transparan, akuntabel, partisipatif dan tidak diskriminatif, melalui pelayanan prima kepada seluruh masyarakat sesuai dengan asas-asas pemerintahan yang baik,” ungkapnya.

Baca Juga  Cegah Penyebaran Omicron, 20 Personel Polres Pesawaran Dikerahkan

Dendi mengatakan, dengan keberadaan Pengadilan Agama Gedongtataan ini, juga masyarakat Pesawaran akan semakin dipermudah dalam mengurus administrasi perkara.

“Saya juga berharap kerjasama dan kemitraan yang telah terjalin selama ini dengan pemerintah akan semakin ditingkatkan diberbagai bidang, sehingga dapat terus memberikan sumbangsih positif dalam mendorong pembangunan daerah, untuk dapat membangun masyarakat Pesawaran yang tertib, sejahtera serta berkeadilan guna mewujudkan Pesawaran yang lebih maju,” Ucapnya. (Soheh/Len)

Baca Juga  Membangkang, Ketua DPC PAN Waylima Dipecat