BERBAGI

Bandarlampung (Netizenku.com): Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, meminta stakeholder dan komponen masyarakat serta pemerintah pusat mampu bersinergi dalam menjaga hutan di wilayah Lampung.

Pernyataan tersebut disampaikan Gubernur Lampung, saat memberikan arahan dalam Diskusi Publik “Membangun Sinergi dalam Upaya Konservasi Sumberdaya Hutan dan Lingkungan” di Universitas Bandar Lampung (UBL), Rabu (22/01).

“Kita harus memperbaiki kawasan hutan kita, supaya satwa-satwa dari Provinsi lain yang memerlukan perlidungan bisa kita tampung. Karena di sini lah kita menunjukan kepada Dunia maupun Indonesia kawasan hutan kita relatif jauh lebih baik dibanding provinsi lain,” ungkapnya.

Arinal meminta pemerintah pusat yang punya kewenangan terkait penanganan kehutanan harus lebih serius. “Kalau itu diserahkan ke pemerintah provinsi. Kita akan selesaikan masalah kerusakan hutan,” jelas Arinal.

Menurut Arinal, pemprov menerapkan tiga prinsip dalam menangani masalah kerusakan hutan diantaranya menjaga, merawat dan merehabilitasi kawasan hutan.”Pemerintah pusat harus lebih serius melaksanakan program rehabilitasi kehutanan secara berkelanjutan,” jelasnya.

Selain itu juga, masalah evaluasi perizinan juga seringkali tidak punya titik terang dari pemerintah pusat. “Turun ke lapangan dong pak. Sampaikan kepada Menteri suruh kesini, jangan di kantor saja. Saya minta tolong karena negara ini punya kita. Dan kewenangan hutan ini ada di kementerian lingkungan hidup. Ayo turun ke hutan, ” tegasnya.

Acara ini juga menghadirkan sejumlah narasumber nasional dan lokal, antara lain: Gubernur Arinal Djunaidi, Anggota DPR RI Hanan A. Rozak, Anggota DPD RI Perwakilan Lampung Bustami Zainudin, Sekretaris Direktorat Jenderal Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kustanta Budi Prihatno.

Narasumber lainnya yaitu Dosen Universitas Lampung (Unila) Dr. Ir. Slamet Budi Yuwano MS dan Agus Triono SH., MH., PhD, Dosen UBL Dr Eng IB Ilham Malik ST., MT., ATU, Direktur Walhi Irfan Tri Musri. Diskusi Publik ini dipandu atau dimoderatori oleh Wirahadikusumah, Pimred media online rilis.id yang juga pengurus PWI Lampung. (Leni)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here