oleh

Antisipasi Lonjakan Harga Sembako, Pemkab Pesawaran Bakal Gelar Operasi Pasar

Pesawaran (Netizenku.com): Dalam mengantisipasi lonjakan harga sembako jelang Bulan Ramadhan mendatang, Pemerintah Kabupaten Pesawaran berkoordinasi dengan Stakeholder tarkait seperti, Dinas Perindag, Pertanian, Kesehatan dan Dinas Ketahanan Pangan,  untuk memastikan ketersediaan sembako di pasar, salah satunya menggelar operasi pasar (OP).

Hal ini diungkapkan Kabag Perekonomian setempat, Halimah Zakaria saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (27/4). Menurutnya, untuk sementara ini kondisi harga sembako maupun ketersediaan masih stabil.

\”Untuk sementara, yang kita amati di sejumlah pasar harga sembako kondisinya masih stabil. Nah tugas kita, tinggal berupaya agar harga itu tetap bertahan sampai jelang lebaran nanti,\” ucapnya.

Baca Juga  Bimtek Sepuluh Kades dan Camat Kedondong ke Thailand Dipertanyakan

Sebab lanjutnya, sudah bukan rahasia lagi bahwa setiap menjelang menghadapi hari-hari besar seperti bulan puasa, harga sembako melonjak drastis. \”Pastinya kita gak bisa kerja sendiri dalam hal ini, koordinasi dan kerjasama saling mendukung antar stakeholder terkait, terus kita perkuat dalam mengantisipasi dan menyikapi apabila terjadi dan tidak terkendalinya lonjakan harga sembako di pasaran,\” ucapnya.

Baca Juga  Kapolres Pesawaran Tanam Pohon di Lingkungan Polres dan Polsek

Yang terpenting, menurutnya, pihaknya harus fokus untuk berupaya mempertahankan kestabilan harga disesuaikan dengan kemampuan daya beli bagi masyarakat ekonomi menengah ke bawah. \”Kalo sudah begitu, untuk membantu masyarakat tidak mampu, ya gak ada cara lain mengatasinya, selain kita bersama stakeholder terkait, akan menggelar operasi pasar (OP) atau pasar murah, agar kebutuhan pokok masyarakat dalam menjalani ibadah di bulan puasa ini bisa tercukupi tanpa kesulitan,\” ujarnya.

Baca Juga  Maju Cabup Pesawaran, Suriansyah Fokus Kembangkan Pariwisata

OP dan menggelar pasar murah, imbuhnya, marupakan solusi terakhir, yang akan diterapkan apa bila terjadi lonjakan harga tak terkendali di pasar, jelang dan saat mengarungi bulan puasa hingga lebaran. \”Kuncinya sekarang bagaimana saat ini kita berusaha tetap menjaga dan menstabilkan harga sembako, agar tidak melonjak naik dan bisa  terjangkau bagi masyarakat ekonomi kebawah, sampai jelang lebaran nanti, itu harapan kita,\” tandasnya. (Soheh)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *