BERBAGI

Metro (Netizenku.com): Wakil Ketua I DPRD Kota Metro, Anna Morinda, menjemput ratusan ribu bibit ikan beserta ribuan kolam tong filter untuk warga kota setempat, dalam kegiatan kunjungan kerja Komisi IV DPR RI ke Provinsi Lampung, reses masa persidangan IV tahun sidang 2019-2020, di balai KIPM Lampung, Bandarlampung. Selasa (21/7).

Dalam kegiatan tersebut, Anna Morinda berhasil memperoleh 100 ribu bibit ikan dan 3000 kolam tong filter dari Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin, yang bakal diberikan kepada warga Kota Metro.

“Kami berharap bantuan bibit ikan yang bisa digunakan dalam program urban farming di Kota Metro. Kami ada 164 ribu jiwa dengan luas wilayah 68 kilometer persegi, kehidupan kami kota dengan agrobisnis dan pertanian, maka hal yang harus dibangun ke depan untuk Metro dalam hal ketahanan dan mandiri pangan adalah memperkuat urban farming,” ujar Anna.

Ia juga mengungkapkan bahwa pihaknya telah melakukan uji coba urban farming yang berfokus di Kelurahan Banjarsari. Sementara, di Kelurahan Tejo Agung, Metro Timur, Anna Morinda telah bertemu puluhan pemuda di RW 02 untuk menerapkan urban farming.

“Hari ini kami sudah punya beberapa pilot projects di Banjarsari dan Tejo Agung yang urban farming kami lakukan arahnya adalah untuk dijual, arahnya adalah mandiri pangan. Maka dengan segala hormat, kali ini kami mendapatkan ikan konsumsi dan di tahun yang mendatang kami berharap mendapat bantuan ikan dalam bentuk bibit, juga gentong-gentong yang nantinya kita mix dengan kangkung ataupun sayuran lainnya. Kepada seluruh fraksi komisi IV DPR RI kami ucapkan terimakasih,” urainya.

Mendengar permintaan Anna Morinda di hadapan para anggota DPR RI dan perangkat pemerintahan Provinsi Lampung, Sudin sontak merealisasikan permintaan tersebut.

“Untuk mbak Anna Morinda dari Metro, siapkan proposalnya saya kasih 100 ribu bibit. Segera siapkan proposalnya, koordinasikan dengan dinas terkait di Metro,” kata Sudin.

Diketahui, hari ini Komisi IV DPR RI melalui Kementerian Pertanian di Balai Besar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (KIPM) Provinsi Lampung memberikan 250 box ikan atau setara setengah ton.

Ke depan, DPRD RI melalui kementerian perikanan juga akan memberikan seratus ribu bibit ikan dan tiga ribu kolam tong filter atas permintaan Wakil Ketua I DPRD Kota Metro, Anna Morinda. (Rival/len)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here