BERBAGI

Pringsewu (Netizenku.com): Guna melakukan pencegahan penyebaran virus Corona dalam ruang tahanan, seluruh tahanan yang ada di seluruh rutan jajaran Polres Pringsewu di rapid tes antigen.

Kasat Tahanan dan Barang Bukti (Tahti), Bripka Alfian, mewakili Kapolres Pringsewu, AKBP Hamid Andri Soemantri, SIK, mengatakan ada 96 tahanan yang di rapid tes. Dengan melibatkan petugas dari Dinas Kesehatan kabupaten setempat.

“Untuk jumlah tahanan Polres 28, Polsek Pringsewu Kota 9, Gadingrejo 12, Sukoharjo 19, Pagelaran 17, dan Pardasuka 11 orang,” kata Alfian, Rabu (13/1). Kegiatan rapid tes di Polres Pringsewu dimulai dari pukul 9.30-10.00 WIB.

“Untuk hasil tes, kami akan melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan, karena hasil itu nanti yang akan digunakan untuk pengiriman tahanan ke rumah tahanan,” tambahnya.

Jika ditemukan hasil rapid yang reaktif, nantinya tahanan akan diisolasi di Rumah Singgah Gustas Covid-19 Pringsewu.

“Kalau ada hasil yang reaktif maka tahanan akan diisolasi, dan kami akan berkoordinasi dengan Gugus Tugas Kabupaten Pringsewu akan diisolasi di Rumah Singgah,” ujarnya.

Sementara itu satu tenaga kesehatan dari Puskesmas Adiluwih yang melakukan rapid test, Novida Ariani, menjelaskan bahwa kegiatan rapid test antigen ini dilakukan sesuai dengan pemintaan pihak Polres Pringsewu kepada Dinas Kesehatan.

“Prosedur rapid test antigen ini mengambil sampel melalui nasofaring (hidung). Setiap orang hanya butuh waktu kurang dari 3 menit untuk proses pengambilan sample rapid test. sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk mengetahui hasil dari rapid test kurang lebih 12 menit. Dari 28 tahanan di rutan Polres Pringsewu yang telah kami lakukan rapid test antigen, hasilnya mon reaktif,” jelasnya. (Rz/len)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here