oleh

403 Rumah Tak Layak Huni di Bandarlampung Bakal Dibedah

Bandarlampung (Netizenku.com): Pemerintah Kota Bandarlampung kembali mecanangkan program bedah rumah. Sedikitnya sebanyak 187 di tiga kecamatan senilai sekitar Rp3,2 miliar telah terealisasikan.

Di tahun 2020 mendatang diproyeksikan sekitar 403 rumah tak layak huni bakal dibedah oleh pemerintah setempat. Program ini akan memakan anggaran sekitar Rp7 miliar.

Walikota Bandarlampung, Herman HN, mengatakan program tersebut sebagai bentuk upaya pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat, terkhususnya sejahtera dengan memiliki rumah huni yang layak.

Baca Juga  Jaringan Narkotika Internasional Terungkap

\”Setiap tahun kita ada peningkatan jumlah, karena kita juga dibantu oleh pemerintah pusat,\” kata Herman, di Lapangan Merdeka Nila Kandi Bumiwaras Bandarlampung, Selasa (10/12).

Dikatakan Herman, bagi masyarakat yang ingin menjadi peserta program pada 2020 mendatang dapat mengajukan melalui kecamatan dan kelurahan,\”dengan ketentuan harus rumah pribadi dan tanah pribadi.\”

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Disperkim) Kota Bandarlampung, Yustam Efendi, menerangkan program tersebut telah berlangsung sejak tahun 2011 silam.

Baca Juga  Disdikbud Bandarlampung Tunggu Juknis Kuota Belajar Maret-Mei 2021

Ia menerangkan masyarakat dapat menerima bantuan tersebut dengan beberapa kriteria, seperti tanah milik sendiri. Kriteria itu harus terpenuhi.

\”Nah kalau untuk sumber data kita berdasarkan konsultan kotaku. Tetapi kalau ada warga yang dianggap pantas untuk dibantu, maka kita bantu dan pemkot menyediakan sendiri,\” ungkapnya.

Yustam juga mengatakan pada tahun 2020 mendatang Pemkot merencanakan 400 unit rumah yang akan dibedah.

Akan tetapi, proses bedah rumah ini tidak melakukan sistem pengerjaan langsung, melainkan memberikan bantuan berupa uang tunai sebesar Rp15 juta beserta bantuan biaya tenaga pembangun Rp2,5 juta. Dengan total Rp17,5 juta.

Baca Juga  Enam Kelurahan di Kecamatan Enggal Mulai Vaksinasi Covid-19

\”Kita langsung kirim ke rekening, namun pelaksanaan penbangunan akan terus dipantau sampai selesai,\” jelasnya.

Terkait 187 bedah rumah yang terealisasikan tersebut berlokasi di 3 kecamatan, Telukbetung Timur (TBT), Sukabumi dan Bumiwaras.

\”Tahun ini sudah 187 di tiga kecamatan, Telukbetung Timur, Sukabumi, dan Bumiwaras,\” ungkapnya. (Adi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *