BERBAGI

Metro (Netizenku.com): Sebanyak 156 siswa-siswi dari 33 Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan sederajat, mengikuti seleksi calon Paskibraka (Capaska) yang diadakan Pemerintah Kota Metro melalui Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata.

Seleksi Capaska kembali dilakukan sesuai dengan surat perintah dari Kemenpora RI dan Provinsi Lampung yang sebelumnya gagal akibat wabah Covid-19. Dalam surat tersebut diminta untuk dilakukan penjaringan calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di hari kemerdekaan pada 17 Agustus 2021.

Kadisporapar, Tri Hendriyanto, mengatakan terdapat lima tahapan penjaringan pasukan pengibar bendera Kota Metro, Provinsi Lampung, dan tingkat nasional.

“Pada hari ini Disporapar kembali melakukan penjaringan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka. Terdapat 33 sekolah tingkat menengah atas dan diikuti 156 peserta putra dan putri. Dalam seleksi ada empat tahapan yaitu praseleksi, seleksi tingkat kota, provinsi dan nasional. Nantinya ada 70 orang yang akan masuk tahap seleksi untuk provinsi, dan tujuh orang akan melakukan seleksi kembali untuk dikirim ke nasional, terdiri dari empat pria dan tiga perempuan,” kata Tri Hendriyanto, Selasa (16/3).

Dia juga menyampaikan, saat pelaksanakan praseleksi dan seleksi tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Pandemi Covid-19 masih belum berakhir, jadi protokol kesehatan tetap diutamakan. Peserta diwajibkan memakai masker, menjaga jarak, memakai sarung tangan, dan dilakukan penyemprotan disinfektan sebelum dan sesudah kegiatan sebagai bentuk antisipasi penyebaran penyakit Covid-19,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Kota Metro Rahmat Krisna berharap, di tahun 2021 akan ada pengibaran bendera di hari kemerdekaan Republik Indonesia.

“Kami berharap tahun ini tidak kembali dibatalkan akibat wabah Covid-19, dikarenakan ini masih dalam suasana pandemi. Pengibaran bendera akan menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan pelindung wajah serta formasi akan lebih panjang dikarenakan harus menjaga jarak,” ucap Krisna.

Dia berharap Kota Metro dapat memiliki perwakilan Pengibar Bendera Pusaka di Provinsi Lampung hingga tingkat nasional.

“Meski masih dalam pandemi Covid-19, kami meminta kepada adik-adik peserta Capaska untuk tetap semangat tidak mudah menyerah, mengikuti seleksi dan berharap Kota Metro memiliki perwakilan hingga tingkat nasional,” katanya. (Rival/len)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here