BERBAGI

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Pemkab Tulangbawang Barat (Tubaba) dalam waktu dekat akan melelang secara terbuka jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) di kabupaten setempat.

Bakal dilelangnya jabatan tersebut, lantaran Herwan Sahri, pejabat yang tengah menduduki jabatan tersebut akan habis masa jabatannya pada 2 September 2020 mendatang, bahkan saat ini tengah mendaftar menjadi Sekretaris Kota Metro.

Bupati Tubaba, Umar Ahmad SP, mengatakan masa jabatan Sekda Herwan Sahri habis pada 2 September mendatang. Untuk mengisi jabatan sementara, pihaknya akan menunjuk salah satu pejabat setempat menjadi pelaksana tugas.

“Sekda sudah ikut lelang terbuka di Kota Metro, dan ada kemungkinan dalam waktu dekat ini kita juga segera melakukan lelang jabatan tersebut,” kata dia saat dikonfirmasi awak media usai mengikuti rapat paripurna penyampaian Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun 2019 di gedung DPRD, di Tiyuh Panaragan, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Rabu (22/7).

Menurut bupati, walaupun saat ini Herwan Sahri tengah mengikuti lelang jabatan, pihaknya mengaku belum mau menunjuk pelaksana tugas untuk menduduki jabatan tersebut.

“Kita tetap menunggu beliau habis masa jabatannya. Kecuali beliau diterima di Kota Metro, baru kita siapkan pejabat penggantinya. Dan Sekretaris Kota Metro yang tengah menjabat saat ini akan habis masa jabatannya di 1 Agustus mendatang,” singkatnya.

Sementara sejumlah nama pejabat lokal di gadang-gadang untuk menjadi calon sekda menggantikan Herwan Sahri. Nama-nama tersebut mulai dari Kepala Inspektorat, Perana Putera, Kadis PUPR, Iwan Mursalin, dan Sekwan DPRD setempat Aria Septajaya Sesunan.

Bahkan, beberapa pejabat dari provinsi dan luar kabupaten seperti Kepala BPKAD Tuba, Rustam Effendi, Kepala Dinas Cipta Karya dan PSDA Provinsi Lampung, Budi Dermawan, Kadis  Perikanan Waykanan, Kadarsyah, juga santer akan menjadi calon pejabat untuk menduduki jabatan pembina PNS di kabupaten setempat.

Sementara, Kepala Badan Kepegawaian Daerah BKD) Tubaba, Novian Priahutama, dikonfirmasi terkait kesiapan pelaksanaan lelang terbuka, mengatakan untuk melaksanakan lelang tersebut, pihaknya mengaku telah siap bahkan sudah menganggarkan dananya dalam APBD Tubaba tahun 2020.

“Kalau untuk melaksanakan lelang jabatan, memang anggarannya telah kita siapkan. Sebab, di Tubaba selain Sekda yang akan habis masa jabatannya di 2 September, juga ada 4 jabatan eselon II yang kosong dan satu pejabat akan pensiun di akhir tahun ini,” kata dia.

Untuk melaksanakan lelang jabatan itu, kata dia, pihaknya menunggu perkembangan ke depan. Sebab, jika Herwan Sahri terpilih dalam mengikuti lelang terbuka di Kota Metro dan dilantik, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan pejabat pembina kepegawaian.

“Lelang terbuka itu kemungkinan tidak hanya jabatan sekda yang dilelang, karena jabatan Asisten II, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Perikanan, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, saat ini ada kekosongan jabatan, bahkan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah juga akan pensiun, sehingga lima jabatan eselon II itu akan kita laksanakan secara bersamaan dengan lelang terbuka jabatan sekda tersebut. Ini juga tergantung dengan kebijakan bupati selaku pejabat pembina kepegawaian di kabupaten ini,” tutupnya. (Arie/Len)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here