Tim Pansus DPRD Kabupaten Pringsewu Evaluasi LKPj Bupati Tahun 2019

Redaksi

Minggu, 14 Juni 2020 - 20:56 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pringsewu (Netizenku.com): DPRD membentuk Pansus dalam rangka mengevaluasi nota Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Kabupaten Pringsewu Tahun 2019, untuk menjadi nota laporan DPRD kepada Pemerintah Kabupaten setempat.

Adapun Ketua Pansus yang ditunjuk yakni Sudiono dari Komisi III Fraksi Gerindra dan 15 anggota DPRD Kabupaten Pringsewu dari masing-masing komisi.

Sudiono mengatakan Pansus telah terbentuk, sedang berjalan, fungsi Pansus ini agar bisa melihat sejauh mana kinerja Pemerintah Kabupaten Pringsewu dalam pertanggung jawaban kinerjanya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

\”Pansus itu kompilasi semua mitra kerja dipadukan dengan LKPj dan dianalisa dengan RPJMD 2019. Nanti ada hasil berupa rekomendasi Pansus ke ketua DPRD,\” ungkapnya, Minggu (14/6) di kediamannya.

Sudiono menjelaskan, adapun teknis kerja Pansus sendiri, yakni nantinya tim Pansus akan menerima laporan dari setiap komisi yang sebelumnya melakukan rapat dengan para mitra kerja atau organisasi perangkat daerah, dari hasil rapat bersama tersebut dibahas bersama antara komisi-komisi dengan Pansus. Intinya dibentuk Pansus dalam rangka menganalisa laporan pertanggung jawaban bupati tahun anggaran 2019.

Baca Juga  Polres Pringsewu Tangkap Pembalak Liar Kayu Hutan Register 22

Masih kata Sudiono, jika dalam pembahasan Pansus nantinya ada temuan atas laporan kinerja yang tidak sesuai, tentunya akan menjadi catatan dan nota laporan ke Pemerintah Kabupaten Pringsewu

\”Memang harus kami bedah LKPj ini dengan tujuan sebagai evaluasi kinerja Pemkab itu sendiri. Sebagaimana salah satu fungsi tugas DPRD sebagai pengawasan,\” ungkapnya.

Sudiono salah satu politisi Partai Gerindra mengakui, Ia sebagai pimpinan Pansus dalam kerjanya belumlah maksimal dengan dokumen pendukung yang diberikan perlu sekali untuk turun langsung ke lapangan. Meskipun waktu hanya 15 hari namun, Pansus berupaya semaksimal mungkin, dengan waktu yang ada dan waktu kesempatan turun ke lapangan untuk mengklarifikasi terhadap berbagai hal di beberapa OPD terkait, untuk tetap menyelesaikan tugas yang diamanatkan undang-undang.

Baca Juga  Miliki Sabu, Buruh Serabutan Asal Pringsewu Terancam 12 Tahun Penjara

Sudiono mantan jurnalis ini menjelaskan, walaupun dengan adanya keterbatasan waktu hasil kerja Pansus, bersama 15 anggota yang tergabung dalam Pansus sangat konsisten dan semangat, meski akibat rentang waktu yang singkat ditambah lagi dengan adanya musim Covid-19. Tetapi tim Pansus menyadari harus mampu melahirkan catatan serta rekomendasi yang benar-benar objektif dan profesional,

Maka pembahasan LKPj bupati tahun 2019 oleh Pansus DPRD Pringsewu yang dilakukan dengan tatap muka, pendekatan kelembagaan didukung dokumen yang diserahkan, yang kemudian akan diteruskan pengecekan di lapangan, dengan tujuan DPRD agar dapat menilai kinerja dengan membandingkan target program dengan realisasi yang dicapai oleh masing-masing OPD.

Baca Juga  Hari Bhayangkara, Kapolres Pringsewu Beri Penghargaan Para Nakes

\”Untuk menilai tolak ukur capaian program kerja yang sudah dilaksanakan pada tahun 2019, dan ini menggambarkan tingkat tujuan dan sasaran dari setiap OPD, serta membandingkan rencana OPD yang telah direalisasikan dengan kondisi sebenarnya di lapangan,” ujar Sudiyono.

Menurutnya, dari hasil pembahasan LKPj bupati tahun 2019 ini, nanti Pansus DPRD Kabupaten Pringsewu akan menyimpulkan dalam rapat internal Pansus LKPj 2019, dan akan melahirkan catatan, rekomendasi yang akan kami sampaikan dalam rapat paripurna di akhir bulan ini. (Rez/Leni)

Berita Terkait

Lomba Fashion Show Lansia Warnai Peringatan HLUN ke-28 Pringsewu
Restorative Justice, Hentikan 2 Penuntutan Tindak Pidana di Kejari Pringsewu
Diduga ODGJ, Pria 60 Tahun Ditemukan Meninggal di Depan Toko Kosmetik
Pekon Wates Realisasikan DD 2024 untuk Infrastruktur dan Pemberdayaan
Kejati Lampung Didesak Turun Tangan atas Dugaan KKN di Pringsewu
Polres Pringsewu Imbau Masyarakat Jauhi Napza
Polres Pringsewu Imbau Peternak Tingkatkan Kewaspadaan Menjelang Idul Adha
Kesal Masalah Sampah, Pria di Pringsewu Curi Sepeda Motor Tetangga

Berita Terkait

Selasa, 11 Juni 2024 - 11:45 WIB

Dinilai Anggap Remeh, KPU Bandarlampung akan Didemo 

Minggu, 9 Juni 2024 - 23:02 WIB

RMD Resmikan Rumah Relawan

Minggu, 9 Juni 2024 - 22:31 WIB

Partai Perindo Lampung Gelar Fit and Proper Test Calon Bupati dan Wakil Bupati Tubaba

Minggu, 9 Juni 2024 - 16:31 WIB

Hanya 8 Parpol yang Terima Dana Hibah Pemkot Balam

Sabtu, 8 Juni 2024 - 21:33 WIB

Mantan Guru SMP Kenang Rahmat Mirzani Djausal: “Cerdas, Berakhlak, dan Aktif”

Sabtu, 8 Juni 2024 - 21:20 WIB

Gerindra Mantapkan Konsolidasi untuk Pemenangan Pilkada 2024 di Lampung

Sabtu, 8 Juni 2024 - 18:36 WIB

Ketokohan Parosil Berhasil Kantongi Rekomendasi PKB Maju Pilkada

Sabtu, 8 Juni 2024 - 14:09 WIB

DPD Gerindra Lampung Kunjungi Warga Terdampak Banjir dan Tanah Longsor di Tanggamus

Berita Terbaru

Jakarta

Telkomsel Sambungkan Senyuman di Momen Idul Adha 1445 H

Selasa, 18 Jun 2024 - 12:36 WIB