oleh

Tahun Ini, Program Cetak Sawah di Tuba Lampung Gagal Direalisasikan

Tulangbawang (Netizenku.com): Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tulangbawang (Tuba) Lampung melalui Dinas Pertanian (Distan) mengatakan, program pembangunan di bidang pertanian berupa program Cetak Sawah seluas 700 hektare dipastikan gagal direalisasikan tahun ini.

Kepala Dinas Pertanian Tulangbawang Sumarno mengatakan, pada tahun ini Pemkab Tulangbawang melalui pihaknya, sudah melakukan penolakan terhadap bantuan anggaran dari pemerintah pusat sebesar Rp 13 miliar.

Menurutnya, anggaran sebesar Rp 13 miliar tersebut diberikan kepada Pemkab Tulangbawang untuk melakukan pengembangan, serta peningkatan lahan sawah tahun ini.

Baca Juga  Tak Punya Izin, Tiga Tempat Karaoke di Pringsewu Lampung Ditutup

\”Tulangbawang sudah menjadi pusat perhatian penuh dan prioritas di pemerintah pusat, sehingga pada tahun ini kita diberikan anggaran yang sangat fantastis oleh pusat,\” katanya, Kamis (1/11/2018).

Namun sangat disayangkan sekali bantuan anggaran guna perluasan lahan sawah tersebut terpaksa dikembalikan Pemkab Tulangbawang pada tahun ini.

Anggaran sebesar Rp 13 miliar tersebut harus direalisasikan Pemkab Tulangbawang, guna program cetak sawah dalam kurun waktu lebih kurang dua bulan, terhitung November ini.

\”Setelah kami pertimbangkan dan diskusikan, waktunya tidak banyak lagi  Apalagi dari total anggaran tersebut untuk seluas 700 hektare lahan sawah, sangat tidak memungkinkan untuk kami kerjakan, mengingat waktunya sudah mepet dan tidak banyak lagi,\” terangnya.

Baca Juga  Gubernur Sumbar Studi Pengembangan Budidaya Udang di Lampung

Bila dikaji lebih dalam, bantuan tersebut sangat berguna untuk para petani di Tulangbawang, dalam melakukan proses pengembangan dan peningkatan terhadap lahan sawah.

Apalagi anggaran tersebut tidak sedikit dan tidak mudah untuk didapatkan serta diberikan oleh pemerintah pusat kepada Pemkab Tulangbawang, khususnya dalam tahun ini.

\”Tetapi semuanya tidak bisa dikerjakan, sebab sekalipun dipaksakan maka kami khawatir program tersebut akan berantakan dan terkena masalah hukum,\” jelasnya.

Baca Juga  Wabup Pringsewu Lampung Buka Sosialisasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah

Kendati demikian, pihaknya sampai saat ini masih tetap berupaya semaksimal mungkin agar bantuan anggaran tersebut, guna program cetak sawah di Tulangbawang dapat tetap diberikan kepada Pemkab Tulangbawang melalui anggaran murni 2019 mendatang.

\”Mudah-mudahan pemerintah pusat mau memberikan dan membantu kita, supaya dapat dialihkan awal tahun depan, demi peningkatan hasil lahan sawah kita,\” harapnya. (Armadan)

Komentar