oleh

SP20, DPRD Tubaba Minta BPS Libatkan Aparatur Desa

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), S Joko Kuncoro, S.I.Kom mengharapkan Badan Pusat Statistik (BPS) kabupaten setempat dapat melibatkan aparatur tiyuh (desa) hingga ke RT dan RW dalam pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 yang mulai dilaksanakan pada 15 Februari 2020 mendatang.

Menurut Joko, lurah, kepalo tiyuh, RT dan RW merupakan aparatur pemerintahan yang mengetahui secara pasti kondisi dan keadaan warga di tiyuhnya. Dengan begitu, akan lebih baik jika BPS Kabupaten Tubaba dapat melibatkan mereka supaya data yang diperoleh benar-benar akurat.

Baca Juga  Tubaba Kembangkan Program Tiyuh Siaga Mandiri

\”Saya berharap BPS Tubaba melibatkan lurah, kepalo tiyuh bahkan hingga RT dan RW saat pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 mendatang,\” kata Joko kepada Netizenku.com melalui sambungan ponselnya, Rabu (8/1).

Politisi Partai Nasdem yang juga sebagai Ketua DPD Partai Nasdem Tubaba ini juga berpesan kepada lurah, kepalo tiyuh, RT dan RW agar turut mendukung pelaksanaan SP20 dan siap membantu petugas BPS Kabupaten Tubaba yang nantinya akan melakukan pencacahan di lapangan.

\”Pelaksanaan SP2020 yang dilakukan BPS ini jangan sampai meninggalkan aparatur di kelurahan dan tiyuh,\” tukasnya.

Baca Juga  77 Calon Guru Penggerak Tubaba Ikuti Pelatihan

Bahkan sebelumnya, Bupati Umar Ahmad juga telah meminta kepada kepala jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para camat, dan tokoh masyarakat di kabupaten setempat untuk mendukung dan berperan aktif pada setiap tahapan kegiatan SP20 tersebut.

Permintaan Bupati Umar Ahmad, SP ini tertuang tertuang dalam Surat Edaran  Bupati Tulang Bawang Barat nomor: 470/351/1.06/TUBABA/2019 tentang dukungan sensus penduduk 2020 yang dikeluarkan pada 17 Desember 2019 lalu.

\”Kegiatan sensus penduduk sejatinya merupakan tugas Badan Pusat Statistik (BPS) di Kabupaten Tubaba. Namun, ini perlu dukungan dari jajaran pemerintah daerah dan masyarakat,\” kata Kadis Kominfo Tubaba Eri Budi Santoso melalui sekretaris Sayuti Nugraha di ruang kerjanya, Rabu (8/1).

Baca Juga  Umar Ahmad Lepas 214 Calhaj

Dukungan dan peran aktif tersebut dengan mengimbau seluruh warga masyarakat di Kabupaten Tubaba untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan Sensus Penduduk Online dengan cara mengakses website: sensus.bps.go.id pada waktu yang telah ditetapkan dan masyarakat memberikan jawaban yang benar dan apa adanya.

\”Kegiatan pengumpulan data sensus penduduk 2020 akan dilakukan secara bertahap, yaitu Sensus Penduduk Online pada 15 Februari sampai dengan 31 Maret 2020. Sementara sensus penduduk wawancara akan dilaksanakan pada Juli 2020,\” pungkasnya. (Arie)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *