BERBAGI

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Kunjungan Ketua DPR RI, Dr.(H.C.) Puan Maharani, S.I.Kom, ke Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), mendapat apresiasi yang tinggi dari Bupati, Umar Ahmad, SP.

Bahkan, momen tersebut dimanfaatkan Pemkab Tubaba dalam mempresentasikan konsep Kota Budaya Uluan Nughik, dengan harapan bisa mendapatkan perhatian pemerintah pusat dalam merealisasikannya.

Umar Ahmad mengatakan, Pemkab berterima kasih atas kesempatan ketua DPR RI bisa hadir dan melihat langsung perkembangan pembangun Bumi Ragem Sai Mangi Wawai, yang merupakan salah satu bagian dari Daerah Otonomi Baru (DOB) di Lampung yang lahir pada 2009 silam melalui Undang-undang Nomor 50 tahun 2008.

“Kami sangat berterima kasih dan mengapresiasi Ibu Puan Maharani, Ketua DPR RI bisa hadir di Tubaba, walaupun ini hanya kunjungan biasa,” kata dia saat jumpa pers dengan wartawan di Berugo Cottage, usai menyambut, dan mengajak ketua DPR RI mengunjungi beberapa ikon destinasi wisata di Tubaba, Jumat (26/2).

Bupati menjelaskan, di sela-sela kunjungan itu, Pemkab Tubaba mempresentasikan konsep Kota Budaya Uluan Nughik, yakni konsep kota yang menjadi awal kehidupan berbasis ekologi, konsep kota yang menerjemahkan dari nilai-nilai kesederhanaan, kesetaraan, dan kelestarian.

Kesetaraan itu, lanjut dia, tercermin dari dari semua jalan didesain khusus terutama di perempatan, ada jalur khusus bagi tuna netra ada penanda sehingga dia bisa mengetahui sedang berada di mana dan berada di depan toko apa atau berada di depan bangunan apa. Kelestarian yaitu dari seluruh lahan di Uluan Nughik hanya 40 persen yang dapat digunakan untuk bangunan sisanya penghijauan.

Selanjutnya, ada unsur kesederhanaan yang terkandung di dalam perkotaan itu, jadi, sederhana tersebut yakni hemat listrik, menggunakan tenaga surya, dan lainnya.

“Beliau sudah merasakan langsung udara, air, angin yang ada di Tubaba, dan melihat langsung semangat pemerintah daerah dalam mengembangkan kawasan ini. Mudah-mudahan beliau akan mensupport apasaja yang menjadi harapan, begitu juga keinginan seluruh masyarakat Kabupaten Tubaba,” harapnya.

Bahkan, lanjut bupati, Ketua DPR RI sangat menyambut baik konsep ini, dan siap membantu menyampaikan ke presiden, dan mengupayakan kedepan ada perhatian dari pemerintah pusat.

Kunjungan puteri Ketua Umum PDI-P, Megawati Soekarnoputri, dan Kapolda Lampung, tiba di komplek Kota Budaya Uluan Nughik sekitar pukul 10.39 WIB dan disambut langsung bupati Umar Ahmad, Ketua DPRD Tubaba Ponco Nugroho, ST, Kapolres Tubaba AKBP Hadi Saepul Rahman, S.IK, Dandim 0412 Lampung Utara, Letkol Inf. Harry Prabowo dan unsur forkopimda lainnya, petinggi PDIP Tubaba, di komplek Rumah Baduy dengan disajikan tarian asal Tubaba, tari Nenemo, serta mempresentasikan konsep pembangunan Kota Budaya Uluan Nughik.

Berselang sekitar setengah jam, rombongan Ibu Puan Maharani yang pernah menjabat Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia itu, diajak bupati berkeliling ke ikon dan destinasi wisata Tubaba ke Kampus Politeknik Tunas Garuda, komplek Kota Budaya Uluan Nughik, komplek Islamic Centre Tubaba dan singgah di Hotel Berugo Cottage untuk menyantap makan siang.

Seusai makan siang, rombongan Ketua DPR RI kembali diajak bupati mengunjungi taman seribu batu menyerupai bentuk rasi bintang Orion atau banyak juga di kenal dengan sebutan “Gerbang Bumi Bagian Selatan” di Las Sengok, di Tiyuh Karta Kecamatan Tulangbawang Udik.

Momen itu juga terlihat tidak disia-siakan Ibu Puan Maharani dengan banyak mendokumentasikan keberadaannya di tempat-tempat destinasi wisata di Tubaba.

“Wah saya nggak nyangka ada seperti ini di wilayah Lampung, dan ini beda,” ungkap Puan Maharani yang dikutip Umar Ahmad. (Arie/len)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here