BERBAGI

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): PT Adi Sarana Armada (PT ASSA Rent) Cabang Lampung, siap mengakomodir keinginan DPRD Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) dengan menurunkan harga sewa kendaraan dinas operasional pejabat eselon III.

“Kami bisa menurunkan harga sewa seperti apa yang dikehendaki DPRD Tubaba. Namun, penurunan harga tersebut akan mempengaruhi jenis spare part (suku cadang) yang akan digunakan, dan mereka tetap menggunakan kendaraan jenis Innova yang telah dikontrak sejak tahun 2019,” kata Kepala Cabang Lampung, PT ASSA Rent l, Cristian kepada wartawan melalui sambungan ponselnya, Kamis sore (14/1).

Cristian mencontohkan, perbedaan suku cadang yang digunakan tersebut seperti penggunaan ban kendaraan, jika selama ini untuk pejabat eselon III ban kendaraannya menggunakan merk Bridgestone akan diganti dengan merk Gajah Tunggal, dan tempat service kendaraan pun akan diajukan beberapa pilihan.

“Kita fleksibel, kalau tetap menghendaki ada penurunan harga, nanti akan kita paparkan dengan pemkab atau OPD terkait tentang perbedaan suku cadang yang digunakan selama ini dengan suku cadang yang disesuaikan dengan nilai penurunan harga sewanya perbulan atau pertahunnya. Namun, perbedaan suku cadang ini tidak mempengaruhi performa kendaraan yang disewa karena semua kendaraannya dari baru,” singkatnya.

Sebelumnya, DPRD Tubaba menghendaki adanya efisiensi anggaran dalam pengadaan kendaraan dinas operasional sewa (KDO-S) untuk jabatan setingkat eselon III di kabupaten setempat.

Hal itu terungkap usai DPRD Tubaba melakukan dengar pendapat (hearing) dengan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) melalui bidang aset, Faidil, Kepala Bagian Umum, Haderiansyah P, dan Kepala Bagian Hukum Setdakab Tubaba, Budi Sugiyanto di ruang Komisi III DPRD, di Panaragan, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Kamis (14/1) sekitar pukul 10.00 WIB.

“Kami minta ada efisiensi anggaran untuk sewa sekitar 30-an kendaraan dinas operasional eselon III di lingkup Pemkab Tubaba. Mumpung kontrak sewa kendaraan untuk tahun 2021 belum dibuat,” kata Ketua Komisi III DPRD Tubaba, Paisol, SH  kepada Netizenku.com sesuai rapat yang juga dihadiri anggota DPRD Drs. Sobri, MM, Kadarsyah, Wawan, Ketua Komisi I Yantoni, dan Muammil.

Menurutnya, Pemkab Tubaba telah melakukan kontrak sewa kendaraan dengan PT Adi Sarana Armada (ASSA Rent) sudah berlangsung sejak tahun 2019 dengan jumlah awal kendaraan yang disewa sekitar 50-an unit kendaraan dan sampai dengan tahun 2021 tercatat sudah mencapai 63 unit kendaraan dengan jenis Toyota Innova. Kontrak ini akan berakhir di tahun 2022 mendatang.

“Kontrak sewa kendaraan sudah berjalan 2 tahun dan di 2021 masuk tahun ketiga. Kami menghendaki untuk sewa kendaraan dinas operasional pejabat eselon III ada penurunan harga sewa dengan selisih sekitar Rp10 juta/tahun/unit dengan sewa kendaraan milik pejabat eselon II, dan ini tinggal bagaimana pihak penyedia menyiasatinya, jika sanggup menurunkan harga dan tetap memberikan kendaraan jenis Toyota Innova kami menyambut baik,” jelasnya. (Arie/len)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here