Pilkati Serentak Tubaba, Tumbangkan 4 Petahana

Redaksi

Kamis, 17 Desember 2020 - 16:48 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Tahapan pemungutan dan penghitungan suara dalam Pemilihan Kepalo Tiyuh (Pilkati) serentak 5 tiyuh di Kabupaten Tubaba telah selesai. Hasilnya, 4 petahana yang tampil dalam Pilkati tersebut tumbang.

Keempat petahana yang tumbang pada Pilkati yang digelar serentak, Rabu (16/12) tersebut perolehan suara mereka tidak berdaya dibuat oleh para penantangnya yang rata-rata wajah baru.

Seperti pada Pilkati Panaragan, Kecamatan Tulangbawang Tengah yang baru selesai Rabu malam (16/12) sekitar pukul 22.30 WIB. Fajar Ahmad Efendi, calon nomor urut 3 berhasil keluar sebagai pemenang dengan memperoleh sebanyak 1.232 suara, dengan menyingkirkan para pesaingnya termasuk calon nomor urut 1 petahana, Zaibun yang memperoleh sebanyak 1.175 suara.

Sedangkan, calon nomor urut 2 Bursyah berada diurutan perolehan suara ketiga dengan memperoleh sebanyak 1.072 suara.

Pada Pilkati Bangun Jaya, Kecamatan Gunung Agung, dari tiga calon kepala tiyuh yang bertarung, Nurhadi berhasil terpilih dan memperoleh suara terbanyak yakni 932 suara mengalahkan petahana Anton Winarno (2) yang memperoleh 208 suara, sementara calon lainnya Febri Prasetya (3) memperoleh sebanyak 289 suara.

Baca Juga  2020 Umar Ahmad Tingkatkan Anggaran Publikasi

Pada Pilkati Penumangan Baru, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Kamso nomor urut 4 juga berhasil menjungkalkan petahana Wirdani (2) dengan perolehan suara cukup telak sebanyak 1042 suara, sementara Wirdani hanya memperoleh sebanyak 687 suara. Calon lainnya Ridwan Efendi (1) meraih sebanyak 558 suara, dan Salim (3) hanya memperoleh 56 suara.

Pada Pilkati Tiyuh Gunung Katun Tanjungan, Kecamatan Tulangbawang udik, Laili Wandanar nomor urut 3 juga dapat menumbangkan petahana dengan memperoleh suara terbanyak yakni sebanyak 327 suara, sementara sang petahana Sahlan (5) hanya mendapat 292 suara. Calon lainnya di Tiyuh Gunung Katun Tanjungan yakni Yusuf (1) memperoleh suara sebanyak 169 suara. Juanda Hadi Saputra (2) memperoleh suara sebanyak 87 suara, dan Suardi (4) memperoleh suara sebanyak 155 suara.

Baca Juga  Disdikbud Tubaba Gelar Assesment Kepala Sekolah Tingkat SD-SMP

Sementara pada Pilkati Mulya Kencana yang tak diikuti petahana, calon nomor urut 5 Suyanta di luar dugaan berhasil meraup suara sebanyak 969. Suyanta berhasil menyingkirkan lawan-lawannya yakni Zainal Arifin (1) memperoleh 955 suara, Rian Purwanto (2) sebanyak 429 suara, Sumaryanto (3) sebanyak 732 suara, dan Joni Andrian (4) memperoleh suara sebanyak 165 suara.

Dengan begitu, semua calon petahana yang tampil di pemilihan kepala tiyuh di kabupaten setempat, tidak satupun berhasil melanjutkan kepemimpinan untuk periode berikutnya.

Sementara dari hasil pengamatan wartawan, seluruh Pilkati di Tubaba berjalan damai, aman dan nyaman, dan tetap menerapkan protokol kesehatan di setiap TPS. Hingga pemilihan selesai tidak ada peristiwa atau kejadian yang mengganggu dalam pelaksanaan proses Pilkati tersebut.

Baca Juga  360 Warga Tubaba Terancam Tak Bisa \'Nyoblos\'

Kapolres Tubaba, AKBP Hadi Saepul Rahman, SIK, mengucapkan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat kabupaten setempat, yang mendukung pelaksanaan pemilihan kepala tiyuh di kabupaten setempat berjalan damai, aman dan nyaman.

“Alhamdulilah, Pilkati berjalan aman dan damai. Terimakasih rekan-rekan polres, kodim, linmas, pemda, media dan semua lapisan masyarakat,” ujarnya dalam pesan singkatnya.

Kapolres menyampaikan rasa apresiasinya kepada seluruh elemen atas kerjasama dalam menjaga situasi kondusif mulai sejak tahapan hingga penghitungan suara para calon.

“Saya bangga dan apresiasi, proses demokrasi Pilkati berjalan sesuai dengan harapan kita semua. Saya harap ini dapat terus terjaga hinga proses penetapan dan pelantikan kelak. Mari sama-sama kita jaga dan saling rangkul sesama calon agar muncul suasana keakraban dan semangat membangun tiyuh masing-masing,” terangnya. (Arie/len)

Berita Terkait

Sepekan, Tubaba Raih Berbagai Prestasi Tingkat Nasional
Koalisi Partai Non Parlemen Tubaba Resmi Dukung NONA
Sekdakab Tubaba Sampaikan Rancangan KUA PPAS APBD 2025 kepada DPRD
Adu Nasib, Puluhan Guru Honorer Geruduk Kantor Bupati Tubaba
DPRD Tubaba Setujui Raperda Pertanggungjawaban APBD Kabupaten Tahun 2023
Keji, Pasutri Diduga Lakukan Tindak Asusila ke Teman Pekerja
M Firsada Terima Penghargaan Anugerah Merdeka Belajar Kategori Transformatif
Kajari Tubaba Silaturahmi ke Balai Prof. Bagir Manan PWI

Berita Terkait

Rabu, 17 Juli 2024 - 17:02 WIB

Pemprov Bakal Gelar Upacara Peringatan Kemerdekaan ke 79 di Kota Baru

Rabu, 17 Juli 2024 - 15:43 WIB

Pj Gubernur Lampung: ASN Harus Memiliki Kemauan Untuk Maju

Rabu, 17 Juli 2024 - 15:30 WIB

Pj Gubernur Lampung Dorong Pengembangan Subsektor Peternakan

Selasa, 16 Juli 2024 - 17:40 WIB

Pj Gubernur Lampung Kukuhkan Mighrul Lappung Bersatu

Selasa, 16 Juli 2024 - 16:27 WIB

Pj Gubernur Lampung Dorong Komitmen Serius dalam Pengelolaan PKB dan BBNKB

Selasa, 16 Juli 2024 - 15:16 WIB

Hingga Saat Ini Tidak Ditemukan Kecurangan PPDB di Lampung

Senin, 15 Juli 2024 - 15:43 WIB

Ombudsman Lampung Atensi Tidak Terjadi Perundungan Selama MPLS

Senin, 15 Juli 2024 - 15:39 WIB

Pj Gubernur Lampung Tinjau OJK dan Bank Lampung

Berita Terbaru

Pj Bupati Tubaba M Firsada, memberi arahan kepada para ASN di lingkup Pemkab setempat pada apel bulanan, Rabu (17/7/2024). (Arie/NK)

Tulang Bawang Barat

Sepekan, Tubaba Raih Berbagai Prestasi Tingkat Nasional

Rabu, 17 Jul 2024 - 20:39 WIB

Lampung Tengah

Tim Divkum Polri Pantau Implementasi HAM di Polres Lampung Tengah

Rabu, 17 Jul 2024 - 18:20 WIB