oleh

Oktober, Tubaba Gelar Pilkati Serentak, 19 Kepalo Tiyuh Sampaikan LPj

Tulangbawang Barat (netizenku.com): Sebanyak 19 Kepalo Tiyuh (Desa) di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) diperiksa atas pertanggungjawaban pada masa akhir jabatannya oleh Inspektorat kabupaten setempat.

Inspektur Inspektorat Kabupaten Tubaba, Bustam Effendi, mengatakan sebanyak 19 kepalo tiyuh tersebut telah habis masa jabatannya, mereka yang diperiksa baik yang akan mengikuti kontes Pemilihan Kepalo Tiyuh (Pilkati) maupun yang tidak pada Pilkati serentak yang dijadwalkan akan dilaksanakan pada Oktober 2018 mendatang.

\”Kita lakukan pemeriksaan pertanggungjawaban kepalo tiyuh selama 5 tahun menjabat. Hasilnya nanti kita rekomendasikan ke bupati. Jika hasilnya kurang baik, sementara dia akan mencalonkan kembali, maka akan kami usulkan ke penyelenggara untuk tidak diloloskan,\” kata dia saat ditemuiĀ netizenku.com, Rabu (11/7).

Baca Juga  369 Bonsai Tampil Dalam Pameran di Tubaba

Bustam menjelaskan, pemeriksaan kepalo tiyuh yang telah masuk masa akhir jabatan tersebut meliputi penyelenggaraan pemerintahan tiyuh, aset tiyuh, laporan realisasi, penggunaan anggaran, dan kemasyarakatan, serta pertanggungjawaban selama 5 tahun kepemimpinannnya,

\”Pemeriksaan ini sudah kami laksanakan sejak minggu lalu, dan saat ini sifatnya melengkapi hasil pemeriksaan yang kami lakukan. Kalau hasil pemeriksaan sampai saat ini belum keluar, karena masih diinput oleh inspektur pembantu (irban) yang menanganinya,\” paparnya.

Menurutnya, ketika dalam pemeriksaan tersebut ada pekerjaan fisik yang belum selesai, atau ada dugaan merugikan negara, pihaknya akan perintahkan untuk diselesaikan dengan batas waktu. \”Memang kami akui, kami tidak bisa melakukan pemeriksaan secara mendalam. Tapi, kalau rekom/perintah tidak diselesaikan juga, kita evaluasi berikan sanksi tegas sampai kepada laporkan kepada pihak yang berwajib,\” tukasnya.

Baca Juga  Pemkab Tubaba Segera Distribusikan 50 Ribu Ayam untuk Warga

Untuk diketahui, tiyuh yang akan melaksanakan Pilkati tersebar di 7 kecamatan di Kabupaten Tubaba dan masa jabatan kepalo tiyuh juga berakhir pada tahun ini. Untuk di Kecamatan Tumijajar yang akan melaksanakan Pilkati yakni Tiyuh Sumber Rejo, Makarti, Daya Sakti, Gunung Menanti, dan Daya Asri; Kecamatan Gunung Terang hanya Tiyuh Setia Bumi, Kecamatan Gunung Agung hanya Tiyuh Jaya Murni.

Baca Juga  Usai Vaksinasi Covid-19, Umar Ahmad Biasa Saja

Sementara, di Kecamatan Tulangbawang Tengah yakni Tiyuh Bandar Dewa, Menggala Mas, dan Tiyuh Pulung Kencana; Kecamatan Lambu Kibang Tiyuh Pagar Jaya, dan Tiyuh Gunung Sari; Kecamatan Way Kenanga Tiyuh Indraloka I dan Indraloka II, dan untuk Kecamatan Batu Putih yakni Tiyuh Margo Mulyo, Marga Asri, Toto Katon, Toto Wonodadi, dan Tiyuh Sakti Jaya,

\”Pemilihannya akan dilakukan pada Oktober 2018. Dilaksanakan secara serentak sesuai UU nomor 6 tahun 2014 tentang Desa,\” singkat Somad, Kabag Tapem Setdakab Tubaba. (Arie)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *