oleh

Objek Wisata Bendungan Sumur Putri Mulai Bergeliat

Bandarlampung (Netizenku.com): Objek wisata Bendungan Sumur Putri di Kelurahan Sumur Putri, Telukbetung Selatan, Kota Bandarlampung, mulai bergeliat sejak diresmikan pada 5 November 2021 lalu.

Wali Kota Bandarlampung Eva Dwiana meresmikan Bendungan Sumur Putri sebagai objek wisata yang sarat akan legenda dan sejarah kota setempat.

Objek wisata Bendungan Sumur Putri memanfaatkan sungai Kali Akar berada tepat di perlintasan Jalan Raden Imba Kusuma yang menghubungkan Kota Bandarlampung dan Kabupaten Pesawaran.

Baca Juga  Hari Menanam Pohon, BUMN Hijaukan Indonesia

Ketua RT 05 Lingkungan I, Kelurahan Negeri Olokgading, Sugiono ST, selaku pengurus Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) Bendungan Sumur Putri mengatakan hingga awal tahun ini tak kurang dari 1.000 wisatawan luar daerah dan lokal telah berkunjung ke Sumur Putri.

“Kunjungan sekedar mampir banyak terutama wisatawan dari Palembang, Cilegon, dan lokal. Mereka wajib mengikuti protokol kesehatan Covid-19,” kata Sugiono ketika ditemui di Bendungan Sumur Putri, Sabtu (15/1).

Namun dia enggan merinci besarnya pendapatan yang diperoleh dari kunjungan wisatawan tersebut.

Baca Juga  Diduga Kelelahan, Tukang Bentor Tewas Tergeletak di Atas Bentornya

“Pemasukan paling cuma dari retribusi parkir kendaraan, itu pun kita enggak memaksa minta, paling seikhlasnya. Kalau dari pedagang-pedagang, sementara kan masih digratiskan,” ujar dia.

Bendungan Sumur Putri dikelola Pokdarwis Sumur Putri dan Negeri Olokgading. Mereka mulai mempromosikan objek wisata tersebut ke sekolah-sekolah dan teman-teman terdekat.

“Sementara begitu karena kita belum bisa buat keramaian, terkendala Covid-19,” kata dia.

Baca Juga  37 KK Masih di Lokasi Penggusuran, Donasi Berdatangan

Sugiono berharap Pemkot Bandarlampung dapat menambah fasilitas di Bendungan Sumur Putri seperti wifi publik, tempat sampah, dan wahana permainan anak-anak untuk menarik lebih banyak kunjungan wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata Bandarlampung, M Yudhi, berharap pengunjung Bendungan Sumur Putri ikut serta menjaga kebersihan lingkungan dan mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

“Terutama kelompok warga yang sering mengadakan senam sehat bersama, dijagalah kebersihannya,” kata dia. (Josua) 

Baca Juga: Cantiknya Sumur Putri, Bakal Ikon Kota Bandarlampung