BERBAGI
Mulai Hari Ini UTD PMI Lampung Layani Donor Plasma Konvalesen
Kepala UTD PMI Provinsi Lampung, dr Aditya M Biomed, menjadi orang pertama yang menjalani donor plasma konvalesen di PMI Lampung, Senin (1/3). Foto: Netizenku.com

Bandarlampung (Netizenku.com): Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Provinsi Lampung mulai hari ini, Senin (1/3), membuka layanan donor plasma konvalesen bagi penyintas Covid-19.

“Alhamdulilah bisa. Kita baru mulai, saya ini yang kali pertama donor, saya ‘nyontohin. Enggak lama, sebentar sudah selesai,” kata Kepala UTD PMI Lampung, dr Aditya M Biomed, saat dihubungi.

Dia menuturkan pengalamannya saat menjadi donor plasma konvalesen, tidak butuh waktu lama, hanya 10 menit setelah menjalani serangkaian pemeriksaan.

“Hari Jumat yang lalu, saya diperiksa di Klinik Prodia titer antibodinya. Tadi pagi saya diperiksa di kantor saya, kadar Hb-nya. Jadi semuanya memenuhi syarat, saya langsung diambil, 10 menit sudah selesai,” ujar dr Aditya.

Bagi masyarakat yang ingin menjadi donor plasma konvalesen, Ketua IDI Cabang Kota Bandarlampung ini menyampaikan beberapa persyaratan.

“Yang pasti mantan pasien Covid-19 sudah sembuh, punya catatan nilai PCR setelah sembuh minimal 2 minggu dan maksimal 3 bulan,” jelas dr Aditya.

“Tapi sebelum donor kita periksa dulu titer antibodinya, periksa darah,” lanjut dia.

Bagi masyarakat yang berniat menjadi donor bisa langsung datang ke UTD PMI Lampung di Jalan Sam Ratulangi Penengahan, Tanjungkarang Barat, Kota Bandarlampung setiap hari Senin-Jumat pukul 09.00-12.00 Wib.

“Minimal 2 hari, jadi silahkan saja datang. Nanti kita periksa setelah itu pulang dulu. Kita kabarin, jadi besok bisa langsung donornya. Dan tidak bayar, sama sekali tidak bayar,” tegas dia.

Terapi konvalesen dapat membantu para pasien positif Covid-19 dengan gejala berat dan diharapkan bisa menjadi alternatif penyembuhan selain vaksin Covid-19. (Josua)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here