oleh

Lambu Kibang Kecamatan Percontohan GISA

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tulangbawang Barat (Tubaba) menunjuk Kecamatan Lambu Kibang sebagai kecamatan percontohan Gerakan Indonesia Sadar Adminduk (GISA) pertama di Provinsi Lampung.

Hal itu dilaksanakan pada kegiatan sosialisasi dan bimtek kebijakan kependudukan dan launching kecamatan GISA di gedung Sesat Agung Bumi Gayo, komplek islamic center Tubaba, Rawakebo Kelurahan Panaragan Jaya, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Kamis (20/2).

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tubaba, Ahmad Hariyanto mengatakan penunjukkan tersebut dilakukan lantaran Kecamatan Lambu kibang telah berhasil memenuhi target yang ditentukan oleh Disdukcapil Kabupaten Tubaba terkait data administrasi kependudukan.

Baca Juga  Umar Ahmad Serahkan BST ke Masyarakat Tubaba

\”Hari ini kita tunjuk Lambu Kibang sebagai kecamatan percontohan GISA, harapannya ini ke depan dapat merangsang kecamatan-kecamatan lain di Tubaba untuk dapat mengikuti,\” kata dia.

Untuk menyukseskan GISA di Tubaba, lanjut dia, Disdukcapil juga terus melakukan inovasi-inovasi pelayanan kependudukan dan terus melakukan jemput bola perekaman KTP-el hingga ke tiyuh-tiyuh.

Dalam pemaparan Kadisdukcapil Provinsi Lampung, Ahmad Saefullah menambahkan pelayanan perekaman, penerbitan, dan penggantian KTP-el yang rusak tidak merubah elemen data kependudukan dan tidak perlu pengantar dari RT, RW, kepala desa dan camat yakni masyarakat cukup dengan menunjukan foto copy KK ke dinas terkait.

Baca Juga  Sekda Tubaba Lakukan Kunker ke OPD

\”Kalau rusak, masyarakat cukup mendaftarkan dan setelah mendapatkan PIN bisa mencetak sendiri.Terkait program ini kuotanya baru ada 10 kabupaten/kota setelah ini baru seluruh kabupaten/kota,\” jelasnya.

Sementara Camat Lambu Kibang Haderiansyah mengapresiasi kepada seluruh aparatur Tiyuh/Desa,  kecamatan dan seluruh pihak, khususnya seluruh warga masyarakat yang telah mendukung kegiatan Adminduk sehingga kecamatan Lambu Kibang dicanangkan sebagai percontohan kecamatan GISA di Tubaba bahkan di Provinsi lampung.

Baca Juga  Besok Nunik Buka Festival Bambu Internasional Tubaba

\”Mengingat data adminduk yang dinamis, kaka di harapkan kepada seluruh pihak yang terkait, khususnya aparatur tiyuh, kecamatan dan masyarakat dapat terus mengupdate dan melaporkan perubahan data adminduk yang ada,\” terangnya usai mengikuti Lounching Kecamatan GISA, Kamis (20/2)

Dari pantauan di lokasi launching, Disdukcapil Provinsi  bagikan Kartu Indentitas Anak (KIA) kepada perwakilan anak sekolah dari beberapa sekolah dan dihadiri oleh penanggung jawab Disdukcapil Provinsi Lampung (kasubdit Dirjendukcapil Kemendagri), Wakil Bupati Kabupaten Tubaba, Fauzi Hasan, dan kadisdukcapil kab/kota se-Provinsi Lampung. (Arie)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *