BERBAGI

Tulangbawang Barat (Lentera SL): Kelurahan Mulya Asri, Kecamatan Tulangbawang Tengah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) mulai melakukan pembangunan infrastuktur di wilayahnya menggunakan dana kelurahan yang digelontorkan oleh Pemerintah Pusat.

Dana kelurahan ini tidak jauh beda dengan Dana Desa (DD) yang digelontorkan oleh Pemerintah Pusat kepada desa/tiyuh. Namun, peruntukan dana kelurahan hanya dikhususkan untuk pembangunan sarana prasarana umum dan untuk pemberdayaan masyarakat sesuai Permendagri Nomor 130 tahun 2018 tentang kegiatan pembangunan sarana dan prasana kelurahan dan pemberdayaan masyarakat di kelurahan.

Lurah Mulya Asri, Prambumi Restuaji, SE mengatakan Dana Kelurahan Mulya Asri tahun ini di prioritaskan untuk pembangunan onderlagh sepanjang 500 meter dan pembangunan, MCK Posyandu, dan pengadaan sarana moubeler Gedung Taman Kanak-Kanak (TK) yang pembinaannya langsung dibawah kelurahan Mulya Asri.

“PR kami, jalan tanah di kelurahan Mulya Asri mencapai 12 Kilometer, sementara tahun ini yang dlbisa kita bangun ditingkatkan menjadi onderlagh baru sepanjang 500 meter. Jadi masih ada 11,5 km yang membutuhkan perhatian baik dari kelurahan maupun pemerintah daerah,” kata dia, Minggu (14/7).

Prambumi menjelaskan, pembangunan onderlagh sepanjang 500 meter tersebut terbagi di beberapa ruas jalan lingkungan yakni di jalan menuju makan lingkungan 1 Rt.1 sepanjang 100 meter, di jalan lingkungan 2 Rt1 sepanjang 300 meter, dan di jalan gang Rt.8 lingkungan 2 sepanjang 100 meter.

“Tahun ini ruas jalan tersebut menjadi skala prioritas, dan pembangunan ini juga dilaksanakan melalui musyawarah bersama aparatur kelurahan dan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, jika mengandalkan Dana Kelurahan yang baru mulai digulirkan pemerintah pada tahun 2019 ini, pembangunan jalan tanah sepanjang 11,5 Km akan membutuhkan waktu yang lama hingga bertahun-tahun, sementara dana kelurahan tidak hanya terfokus untuk pembangunan infrastruktur jalan. Untuk itu pihaknya meminta dukungan dari pemerintah daerah Kabupaten Tulang Bawang Barat untuk turut andil dalam membangun jalan-jalan di Kelurahan Mulya Asri.

“Masalah infrastruktur ini juga telah kami sampaikan langsung ke Bupati Umar Ahmad dan Wakil Ketua II DPRD Tubaba Ponco Nugroho nanti berapa yang bisa di cover oleh kelurahan dan berapa yang bisa di cover oleh pemerintah daerah,” pungkasnya. (Adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here