oleh

Jelang Ramadhan, PMI Lampung Mulai \’Nabung\’ Darah

Bandarlampung (Netizenku.com): Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Provinsi Lampung, dr Aditya M Biomed, mengapresiasi masyarakat yang secara sukarela menjadi donor darah menjelang bulan Ramadhan di masa pandemi Covid-19.

Aditya mengatakan berkaca dari pengalaman tahun lalu, setiap menjelang bulan puasa, pasokan darah di PMI berkurang sementara permintaan tetap ada.

\”Saya berkaca dari kasus pandemik tahun lalu, kita babak belur benar. Bulan Maret kita pandemik, bulan April-Mei puasa. Biasanya kalau bulan puasa, yang jadi pendonor itu kan (warga) di masjid, kita ikut tarawih dan buka puasa bersama, kita donor di situ. Tapi kan kemarin dilarang kegiatan itu gegara Covid-19,\” kata Aditya di ruang kerjanya, Senin (15/3).

Baca Juga  LPBH-NU: Omnibus Law Sengsarakan Rakyat

Dia menjelaskan pasokan darah akan mulai berkurang tatkala memasuki bulan puasa. Masyarakat khawatir jatuh sakit sehingga yang mengikuti donor darah minim sekali.

\”Mengandalkan non muslim paling bisa seminggu sekali di gereja maupun vihara,\” ujar Aditya.

Dan yang paling parah, lanjut dia, transfusi darah seminggu sebelum dan sesudah Lebaran.

\”Tidak ada yang mau donor, semua sibuk Lebaran. Tapi kalau pasien enggak ada urusan mau Lebaran atau enggak, kasihan keluarga pasien,\” kata dia.

Baca Juga  117 Personil Dishub Perlancar Arus Kendaraan Saat Ramadhan

Sehingga untuk mengantisipasi hal itu, UTD PMI Lampung mulai melakukan jemput bola bagi masyarakat yang ingin mengikuti donor darah.

\”Makanya kita antisipasi dari sekarang. Mau keluar juga takut tapi sekarang kita sudah punya SOP,\” ujar dia.

Sebelumnya PMI Lampung melakukan kebijakan dengan melakukan jemput bola, apabila donor darah diikuti minimal 30 orang. Namun jika kurang dar jumlah tersebut, mereka disarankan untuk datang ke UTD PMI Lampung di Jalan Sam Ratulangi, Penengahan, Tanjungkarang Pusat.

\”Tapi sekarang 10 orang saja kita ambil, jemput bola, sangkin perlunya. Ini untuk mengantisipasi (permintaan) di bulan puasa, makanya \’nabung mulai dari sekarang,\” ujar Aditya.

Baca Juga  Gantikan ABN, Cholva Minta Doa Kepada Masyarakat

Pada hari yang sama, ratusan Awak Mobil Tangki (AMT) menggelar bakti sosial donor darah di Gedung UTD PMI Kota Bandarlampung.

Aditya mengapresiasi antusiasme para sopir mobil tangki se-Kota Bandarlampung yang secara sukarela, untuk kali pertama, memberikan darah.

\”Ini keren, buat tambah stok darah PMI. Alhamdulilah mulai minggu kemarin sudah ada grup-grup yang donor. Hari ini Pemprov juga, cuma belum tahu berapa,\” pungkas dia. (Josua)

Komentar