oleh

dr Aditya: donor darah punya banyak nilai humanis

Bandarlampung (Netizenku.com): Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Lampung, dr Aditya M.Biomed, menyampaikan donor darah memunyai banyak nilai-nilai humanis atau kemanusiaan.

“Kita donor darah enggak peduli sukunya, agamanya apa, yang menerima pejabat atau rakyat biasa. Sangat humanis menurut saya,” kata dia kepada Netizenku saat dihubungi di Bandarlampung, Selasa (16/11).

“Kalaupun kita punya keluarga belum tentu bisa bantu kalau kita perlu darah. Justru orang yang tidak kita kenal,” lanjut dia.

Baca Juga  Mendagri Ingatkan 3 Sektor Rawan Korupsi pada Pejabat Lampung

dr Aditya yang juga Tim Pemeriksa di UPTD Labkesda Lampung menuturkan di masa pandemi Covid-19 kesadaran warga untuk ikut donor darah cukup baik.

“Saya apresiasi banget peran media, yang dulunya enggak mau donor, sekarang sudah. Contoh, kayak Bank Indonesia sudah mau menjadwalkan,” ujar dia.

Ketersediaan darah di PMI Lampung sempat terkendala, namun dengan melandainya kasus aktif Covid-19 sudah mulai menunjukkan tanda-tanda kembali normal.

Baca Juga  Biling Pendidikan 2018 Terkendala Zonasi

Mantan Ketua IDI Cabang Kota Bandarlampung ini mengatakan hal tersebut disebabkan kepedulian dan peran serta masyarakat.

“Donor darah itu kan sesuatu dari dalam, orang dipaksa-paksa juga enggak mau,” ujar dia. (Josua)

Komentar