oleh

Dendi Harap Peringatan HTCPS Bukan Seremonial Belaka

Pesawaran (Netizenku.com): Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona menyebut Cuci Tangan Pakai Sabun dilakukan sebagai upaya untuk menurunkan tingkat kematian balita dan pencegahan terhadap penyakit yang dapat berdampak pada penurunan kualitas hidup manusia.

Pernyataan Dendi ini diungkapkan pada Peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun (HCTPS) Sedunia Tahun 2018 di SDN 14 Padang Cermin Kecamatan  Padang Cermin, Jum\’at, (26/10).

\”Mencuci tangan pakai sabun dan air bersih mengalir sangatlah penting, karena tangan melakukan segalanya. Golongan penyakit infeksi yang dapat dicegah dengan Cuci Tangan Pakai Sabun antara lain yaitu penyakit diare, infeksi saluran napas akut, flu burung, cacingan dan lain-lain,\” kata Dendi.

Baca Juga  Gubernur Berikan Santunan Yatim dan Duafa

Ia menyampaikan, HCTPS Sedunia adalah sebuah kampanye global yang di peringati pada tanggal 15 oktober setiap tahunnya dan dicanangkan oleh PBB bekerjasama dengan organisasi lainnya baik pihak pemerintah maupun swasta untuk menggalakkan perilaku mencuci tangan pakai sabun dan air bersih mengalir.

\”Salah satu tujuan dari kampanye ini adalah sebagai upaya peningkatan pembangunan fasilitas sanitasi disekolah. Menurut UNICEF, kurangnya akses air bersih mengakibatkan penurunan tingkat kehadiran siswi perempuan disekolah saat mereka memasuki masa puber, karena tidak adanya fasilitas sanitasi yang memadai,\” ujar Dendi.

Baca Juga  Sambut HUT RI ke-74 Dinas PUPR Pesawaran Gelar Berbagai Lomba

\”Saya atas nama pribadi dan jajaran menyambut baik serta menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan ini.Besar harapan saya adanya respon positif dari berbagai pihak dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan dan kualitas Kabupaten Pesawaran,\” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Dendi juga berharap Peringatan HCTPS ini hendaknya bukan hanya sebagai sebuah kampanye aksi kesehatan yang tidak memiliki dampak positif bagi kehidupan sehari-hari untuk menciptakan hidup bersih dan sehat, melainkan dapat diimplementasikan untuk mewujudkan kehidupan bersih tanpa penyakit.

Baca Juga  Nunik Sambut Tantangan Jokowi, Vaksinasi 300 Ribu Perhari

\”Namun semua ini tentunya butuh proses dan tidak bisa terjadi secara instan, akan tetapi yang terpenting adalah dari kesadaran diri kita sendiri,\” harapnya. (Soheh).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *