oleh

CS Dukcapil Tubaba Perluas Jaringan Pelayanan

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), terus mempermudah dan memperluas jaringan pelayanan pembuatan administrasi kependudukan bagi masyarakat hingga ke sembilan kecamatan di kabupaten setempat.

Perluasan jaringan pelayanan tersebut dengan meluncurkan inovasi program pelayanan yakni Community Servise Kependudukan dan Catatan Sipil (CS Dukcapil) yang ditargetkan rampung dilakukan sosialisasi dan pembuatan kesepakatan kerjasama hingga akhir Desember 2019 mendatang.

Sasaran CS Dukcapil tersebut yakni seluruh tiyuh (kampung), seluruh puskesmas rawat jalan dan rawat inap, dan Rumah Sakit Umum Daerah, serta RS swasta.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Drs Ahmad Hariyanto MM mengatakan kemudahan dan pendekatan pelayanan pembuatan administrasi kependudukan tersebut dalam pembuatan Akta Perkawinan, Akta Kelahiran, Akta Kematian, dan Pendaftaran Penduduk (pembuatan Kartu Keluarga).

Dengan CS Dukcapil tersebut, masyarakat yang akan membuat dokumen kependudukan tersebut tidak perlu jauh-jauh datang ke Disdukcapil melainkan sudah dapat dilayani di masing-masing tiyuh dan fasilitas pelayanan kesehatan seperti puskesmas dan rumah sakit dengan catatan membawa segala peryaratan yang dibutuhkan.

Baca Juga  Tubaba Lakukan Rasionalisasi Anggaran pada Penyusunan APBDP 2020

\”Masyarakat tidak perlu ke kantor untuk membuat dokumen itu, karena operator tiyuh, puskes, dan RS sudah bisa menginput apa yang diminta masyarakat secara digital. Mereka yang sudah bekerjasama kita berikan aplikasi yang langsung terkoneksi (link) ke server Disdukcapil, kami hanya tinggal memverifikasi kebenaran data dan hasilnya kami proses untuk dicetak,\” katanya kepada Netizenku.com, Senin (1/12).

Menurutnya, hingga saat ini inovasi pelayanan CS Dukcapil tersebut sudah dilakukan sosialisasi dan penandatanganan kerjasama dengan seluruh operator tiyuh dan operator petugas pelayanan kesehatan di Kecamatan Tumijajar.

Rencananya, Selasa (2/12) akan dilakukan sosialisasi di Kecamatan Tulangbawang Udik, Rabu (3/12) di Kecamatan Tulangbawang Tengah, dan minggu depan di fokuskan sosialisasi dan pembuatan kerjasama dengan seluruh tiyuh dan fasilitas pelayanan kesehatan di enam kecamatan wilayah Utara kabupaten (Pagar Dewa, Lambu Kibang, Way Kenanga, Gunung Agung, Gunung Terang, dan Batu Putih).

Baca Juga  Pemkab Tubaba Fasilitasi Keluarga Korban Sriwijaya Air SJ-182 ke Jakarta

\”Nantinya, setelah selesai dilakukan sosialisasi dan kerjasama dengan seluruh tiyuh, puskesmas dan rumah sakit, baru akan kita lakukan bimbingan teknis kepada seluruh operator di masing-masing unit pelayanan tersebut. Bahkan, sampai hari ini ada beberapa tiyuh dan puskes yang sudah memberikan pelayanan dan dokumen kependudukan tersebut sudah kita cetak,\” paparnya.

Dia mengaku dalam pelaksanaan CS Dukcapil tersebut masih terkendala dengan pengiriman hasil cetak dokumen kependudukan yang diminta masyarakat dari unit pelayanan di tiyuh, puskes, dan rumah sakit. Sebab, untuk mengirim hasil cetak tersebut Disdukcapil memerlukan biaya yang tidak sedikit agar pelayanan pembuatan administrasi kependudukan bagi masyarakat di Tubaba sepenuhnya gratis.

Baca Juga  Bupati-Wakil Hadiri Pelantikan PCNU Tubaba

\”Sudah kita sediakan dua unit motor, targetnya dokumen selesai dicetak langsung diantar, tetapi ada keterbatasan anggaran karena yang mengantar perlu uang jalan (BBM) dan ini sedang kita bahas jalan keluarnya,\” keluhnya.

Hariyanto menambahkan, inovasi pelayanan ini sejalan dengan harapan Pemerintah Pusat yang tertuang dalam Permendagri Nomor 7 tahu 2019 tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan secara Daring. Esensinya agar pelayanan administrasi kependudukan dapat terselenggaran dengan lebih mudah, efisien, dan cepat dengan pemanfaatan fasilitas komunikasi dan informasi yang bermuara pada pemenuhan hak kependudukan masyarakat yang lebih cepat.

\”Program ini sudah kami buatkan juga Perbup, dan Standar Operasional Prosedur (SOP) pelayanannya,\” pungkasnya. (Arie)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 komentar