BERBAGI
Foto: Istimewa.

Jakarta – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mencatat hingga Jumat, 27 Maret 2020, total positif Covid-19 di Indonesia sebanyak 1.046 kasus, sementara 46 orang sembuh dan 87 meninggal dunia. Kasus di Lampung kini mencapai 4 kasus.

“Ada penambahan kasus konfirmasi positif sebanyak 153 kasus baru. Sekali lagi masih ada penularan di tengah masyarakat,” kata Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto pada konferensi pers di Graha BNPB di Jakarta, Jumat (27/3).

Dijelaskannya, pasien yang sembuh bertambah 11 kasus, sementara yang meninggal bertambah sembilan kasus. Sebelumnya pada Kamis (26/3), tercatat 893 kasus positif Covid-19, 78 orang meninggal dan 35 orang sembuh.

Data tersebut merupakan pembaruan yang dilakukan sejak Kamis (26/3/2020), pukul 12.00 WIB, hingga Jumat (27/3), pukul 12.00 WIB.

Gugus Tugas merincikan data positif Covid-19 di Indonesia yaitu di Provinsi Aceh menjadi empat kasus, Bali sembilan kasus, Banten 84 kasus, Yogyakarta 22 kasus, DKI Jakarta 598 kasus.

Selanjutnya di Jambi satu kasus, Jawa Barat 98 kasus, Jawa Tengah 43 kasus, Jawa Timur 66 kasus, Kalimantan Barat tiga kasus, Kalimantan Timur 11 kasus, Kalimantan Tengah 6 kasus dan Kalimantan Selatan 1 kasus.

Kemudian di Kepulauan Riau 5 kasus, NTB 2 kasus, Sumatera Selatan 1 kasus, Sumatera Barat 5 kasus, Sulawesi Utara 2 kasus, Sumatera Utara 8 kasus, Sulawesi Tenggara 3 kasus.

Selain itu tercatat 29 kasus di Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah 1 kasus, Lampung 4 kasus, Riau 1 kasus, Maluku Utara dan Maluku masing-masing 1 kasus, Papua Barat 2 kasus serta 7 kasus positif di Papua.

Meski telah diumumkan oleh pemerintah pusat, hingga berita ini diterbitkan Pemeritah Provinsi Lampung belum menginformasikan penambahan kasus tersebut.

Diberitakan sebelumnya, pada Kamis (27/3), Pasien positif Corona atau Covid-19 bertambah menjadi 3 orang. Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Lampung, Reihana, mengungkapkan bahwa pasien ke tiga terinfeksi oleh orang asing yang dibawanya ke Lampung.

Reihana menegaskan ketiganya merupakan Pasien Dalam Pemantauan (PDP) yang dinyatakan positif. Sementara di Lampung terdapat 18 PDP, tiganya telah dinyatakan negatif. Masih terdapat 12 Pasien yang diduga terjangkit virus.

Sementara, Reihana menapik penularan terjadi di Lampung. Hanya saja dirinya membeberkan bahwa pemerintah kecolongan satu orang asing yang dihadirkan oleh pasien positif nomor 03 ke Lampung.

Sementara pasien nomor 02 positif Corona, kata Reihana, berjenis kelamin laki-laki dengan usia 35 tahun tersebut saat ini kondisinya tengah menurun.

Pasien asal Bandarlampung itu memiliki riwayat dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), bukan penularan di Bandarlampung.

Sedangkan pasien positif dengan kode 01, kondisinya semakin membaik dan stabil. Reihana juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap berlakukan pola hidup sehat, dan menjalankan protokol kesehatan sesuai dengan instruksi pemerintah Provinsi Lampung. (IST)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here