oleh

Bhabinkamtibmas Lambu Kibang Jadi Pembicara Rakornas Perpusnas

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Brigpol Harianto seorang anggota Bhabinkamtibmas Polsek Lambu Kibang Polres Tulangbawang Barat (Tubaba), patut diacungi jempol lantaran menjadi narasumber dalam kegiatan Rapat Koordinas Nasional (Rakornas) bidang Perpustakaan Nasional yang digelar di hotel Bidakara Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, Rabu (26/2).

Kegiatan yang dibuka langsung pada hari sebelumnya, Selasa (25/2) oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian didampingi Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando, sekretaris Perpusnas dan para deputinya tersebut, Brigpol Hariyanto banyak memberikan pencerahan, motivasi dan menceritakan perjuangan dalam menggiatkan literasi di wilayah hukum Mapolsek Lambu Kibang yang meliputi Kecamatan Lambu Kibang dan Way Kenanga, di Kabupaten Tulang Bawang Barat.

Kepada Swara Lampung, Brigpol Harianto mengatakan dirinya merupakan satu-satunya anggota kepolisian dari Provinsi Lampung yang mengikuti kegiatan tersebut.

Baca Juga  Politeknik Tunas Garuda Diharap Membuat Pendidikan di Tubaba Semakin Baik

\”Saat menjadi narasumber tadi, saya banyak memotivasi dan menceritakan bagaimana berjuang dalam menggiatkan literasi di kalangan anak-anak didik yang dalam bergerak tidak bicara tentang uang dan akomodasi,\” kata dia, melalui sambungan ponselnya, Rabu (26/2).

Menurut Harianto, pihaknya telah menggeluti menjadi relawan literasi melalui wadah Pustaka Bergerak Indonesia (PBI) sejak tiga tahun yang lalu dengan memanfaatkan fasilitas motor dinas dan box untuk membawa buku-buku bacaan tentang dunia anak, buku cerita, dongeng dan ilmu pengetahuan ke sekolah SD dan SMP juga PAUD dan lain ditengah menjalankan tugasnya sebagai anggota kepolisian.

Baca Juga  Disnakertran Tubaba Belum Patuhi SE Menaker tentang UMP 2021

\”Saya mempunyai semangat untuk menghidupkan lagi pustaka di sekolah sekolah, selama ini disekolah itu memang ada pustaka tetapi tidak hidup, dan dengan rangsangan ini sudah ada beberapa sekolah termotivasi bahkan mempunyai program Jum\’at membaca,\” paparnya.

Harianto menambahkan, dalam memberikan rangsangan gemar membaca kepada anak-anak, dirinya mengaku tidak serta merta hanya membawa buku dan anak-anak dipersilahkan untuk membaca sesuai keinginannya, tetapi dia juga sambil mengajak anak bermain, ajak bernyanyi, dan sedikit mendongeng.

\”Anak-anak banyak yang senang bahkan menunggu kedatangan saya ke sekolahnya. Inilah Hidup saya, saya ketemu dengan dunia saya yang sebelumnya tidak saya dapatkan, dan Alhamdulillah dalam menggiatkan literasi ini dipadukan dengan kerja sebagai Polri. Saya sayang Polri dan ini terus saya jaga kebaikan-kebaikannya di masyarakat dan saya senang bisa bermanfaat untuk orang lain,\” ulasnya.

Baca Juga  Disperindag Provinsi akan Gelar OPB di Tubaba

Untuk terus menggiatkan dan mencerdaskan anak-anak hingga ke plosok-plosok desa termasuk Tubaba, lanjut dia, pihaknya sangat berharap kedepan bisa mendapatkan akses yang mudah dalam mendapatkan buku-buku bacaan yang berkualitas. Sebab, akses buku ini jangan sampai terputus agar anak-anak dapat menggali ilmu pengetahuan dan lainnya dari hasil dia membaca.

\”Terus terang saya pernah kesulitan untuk mendapatkan buku bacaan di pelosok desa, harapan ke depan akan semakin banyak lagi buku yang bermanfaat, akses yang mudah bagi anak-anak Indonesia khususnya di Tubaba,\” pungkas Brigpol Harianto. (Arie)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *