BERBAGI

Natar (Netizenku.com): Guna mengantisipasi kemungkinan yang bakal terjadi di wilayah Lampung, kecelakaan, bencana banjir, puting beliung, gempa dan lainnya. Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Lampung  menggelar koordinasi dan peningkatan kapasitas pencarian dan pertolongan untuk mewujudkan SDM unggul dalam pelayanan jasa SAR yang lebih profesional di Provinsi Lampung.

Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan dan Kesiapsiagaan, Mayjen TNI Nugroho Budi Wirianto mengatakan, koordinasi ini sebagai bentuk pencegahan mitigasi bencana alam di wilayah Lampung.

“Sehingga ini dapat mengurangi resiko kecelakaan dan bencana dengan meningkatkan intensitasnya. Di Indonesia perlu ditangani secara komprehensif,” katanya dalam sambutan, Kamis (19/9).

Menurutnya, ini juga sebagai bentuk pembelajaran atas bencana tsunami yang terjadi pada akhir tahun 2018 lalu.

“Waktu akhir bulan Desember kita merasakan telah terjadi bencana tsunami yang disebabkan reruntuhan dari Gunung Krakaktau. Selain itu, melalui koordinasi ini juga dapat memberikan makna bagi personil yang bertugas di bidang pencarian dan pertolongan,” urainya.

Ia juga menyikapi kurangnya personil dan SDM yang ada saat ini di lingkungan Basarnas, untuk itu Nugroho telah melakukan koordinasi bersama Kemenpan untuk dilakukan perekrutan.

‘Semoga mendpat lampu hijau dari Kemenpan, selain itu kami juga melakukan pembinaan potensi dan melibatkan masyarakat,” tuturnya.

Sementara, Wakil Gubernur, Chusnunia Chalim yang membuka rapat koordinasi tersebut menyatakan kegiatan tersebut sebagai wahana untuk meningkatkan koordinasi dan sinergitas serta meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam Pencarian dan Pertolongan.

“Tidak ada yang berdoa agar terjadi suatu bencana. Namun, bukan berarti kita tidak tanggap terhadap kejadian bencana. Kita sudah ada pengalaman terhadap kejadian bencana seperti yang terjadi di Lampung Selatan, dan mendapatkan penghargaan pengendalian bencana di Provinsi Lampung. Penghargaan tersebut menunjukkan bahwa kita telah memanage dengan baik,” jelasnya. (Leni)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here