oleh

ASN Diminta Terus Tingkatkan Pelayanan

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Presiden RI Joko Widodo meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba), dapat terus berupaya meningkatkan pelayanan, memberikan yang lebih baik kepada masyarakat, bangsa dan negara, dan menjadi motor penting dalam pembangunan.

Tak hanya itu, jajaran ASN juga ikut serta menjadi teladan masyarakat dalam mengedepankan budi pekerti, etika dan profesionalisme.

\”Saat ini kita dihadapkan pada perubahan sosial dan ekonomi yang sangat pesat, Aparatur Sipil Negara juga harus melakukan banyak penyesuaian untuk mengantisipasi perubahan zaman,\” kata Umar saat menyampaikan amanat Bapak Presiden RI Joko Widodo dalam salinan sambutan pada upacara HUT Ke-47 KORPRI di lapangan upacara Kantor Bupati Tubaba, Panaragan Kecamatan Tulangbawang Tengah, Kamis (29/11).

Presiden, selaku Penasihat Nasional KORPRI mengatakan Revolusi lndustri 4.0 telah membawa perubahan lanskap sosial, politik, ekonomi dan budaya di seluruh dunia. Perkembangan teknologi informasi, terutama pengkomputeran dan media sosial, memang memfasilitasi cara kerja birokrasi. Namun, teknologi tersebut juga memfasilitasi masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan menuntut pelayanan yang lebih baik dari ASN.

Baca Juga  Bupati Umar Ahmad: Hidup Sehat dengan Cuci Tangan Pakai Sabun

Pemanfaatan teknologi oleh masyarakat dan juga dunia usaha untuk menyampaikan aspirasinya tersebut akan menjadi beban Aparatur Sipil Negara jika tidak diikuti dengan perubahan kerja.\”Mau tidak mau, Aparatur Sipil Negara harus melayani masyarakat dengan sungguh-sungguh, meningkatkan kualitas kerja dan tata kelola pemerintahan, serta menjaga akuntabilitas. ASN harus selalu open mind, terus melakukan inovasi, menyederhanakan proses kerja, memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan teknologi, serta berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait,\”paparnya.

Baca Juga  Bayana Harap PD DMI Tubaba Ciptakan Program Kemajuan Masjid

Oleh karena itu, presiden melalui sambutan yang disampaikan Umar, meminta seluruh ASN di semua lapisan pemerintahan dan di semua sektor khususnya di Tubaba, untuk tidak terjebak dengan ego-sektoral, ego-organisasi, atau ego-programnya masing-masing. Dengan berkolaborasi serta pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi, pihaknya yakin Aparatur Sipil Negara bisa mengaktualisasikan baktinya secara lebih baik kepada masyarakat, bangsa dan negara.

\”Dalam 4 tahun terakhir ini, pemerintah telah memberikan prioritas besar kepada pembangunan infrastruktur. Dengan cara ini, pemerintah membuka keterisolasian, membangun konektivitas, memperkokoh persatuan nasional, memperbaiki pelayanan kepada masyarakat, serta membangun sentra-sentra ekonomi baru,\” kata dia.

Mulai tahun 2019, pemerintah akan melakukan program besar-besaran untuk memperkuat sumberdaya manusia untuk menghadapi tantangan zaman yang semakin berat. Kualitas SDM di pemerintahan dan swasta, SDM di semua sektor, SDM di semua lapis pemerintahan serta kualitas SDM di usia dini dan remaja, harus ditingkatkan secara signifikan. SDM kita harus mampu menghadapi dan memanfaatkan peluang dari dunia dan teknologi yang sedang berubah cepat.

Baca Juga  Bikin Adminduk di Lampung Gratis, Kalau Ada Pungli, Laporkan!

 

\”Semoga amanat yang disampaikan oleh Bapak Presiden kiranya dapat menjadi pedoman, inspirasi, dan motivasi untuk meningkatkan sumbangsih dan pengabdian bagi kemajuan masyarakat, daerah, bangsa, dan negara, khususnya di Kabupaten Tubaba ini,\” harap Umar

Untuk diketahui, pada upacara tersebut dihadiri Sekdakab Tubaba Herwan Sahri, para pejabat eselon II, Forkopimda, kepolisian, TP-PKK, dan seluruh ASN di lingkup pemkab setempat.(arie)

Komentar