Anak-anak Tubaba Harus Bebas Rubella

Avatar

Rabu, 1 Agustus 2018 - 21:50 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Bupati Tulangbawang Barat, Umar Ahmad, meninjau pelaksanaan Imunisasi Massal Measles Rubella (MR) di salah satu sekolah di Tulangbawang Barat, Rabu (2/8).(foto. Arie)

Bupati Tulangbawang Barat, Umar Ahmad, meninjau pelaksanaan Imunisasi Massal Measles Rubella (MR) di salah satu sekolah di Tulangbawang Barat, Rabu (2/8).(foto. Arie)

Tulangbawang Barat (Lentera SL): Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba), Umar Ahmad, menargetkan sebanyak 95 persen dari sasaran 70.910 anak, mulai dari usia 9 bulan hingga 15 tahun bebas dari virus rubella.

Untuk merealisasikan hal tersebut, pemerintah setempat memprogramkan Imunisasi Massal Measles Rubella (MR), yang bertujuan untuk memutus transmisi penularan virus campak dan rubella dengan gejala yang sering timbul akibat penyakit ini adalah ruam merah berbentuk bintik-bintik dan umumnya menyerang anak umur 9 bulan sampai dengan 15 tahun.

Umar Ahmad mengatakan, untuk menyukseskan imunisasi massal dan introduksi imunisasi MR 2018, pihaknya mengajak dinas Instansi dan lembaga terkait beserta perangkat kerjanya, termasuk komponen organisasi masyarakat sipil dan juga Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) untuk berpartisipasi dan berkontribusi dalam menyukseskan Imunisasi Massal MR di Kabupaten Tulangbawang Barat.

“Pencanangan kampanye imunisasi MR adalah suatu kegiatan imunisasi secara massal sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai kurang 15 tahun, yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus-September 2018,” kata bupati dalam sambutan pencanangan kegiatan tersebut yang berlangsung di SMPN 1 Gilang Tunggal Makarta, Kecamatan Lambu Kibang, Rabu (1/7).

Umar menjelaskan, pada Bulan Agustus, kegiatan ini dilaksanakan di seluruh sekolah, mulai jenjang SD/MI/Sederajat, dan SMP/MTS/ Sederajat, serta tingkat SLTA yang dimungkinkan masih ada anak yang berusia kurang dari 15 tahun, terutama kelas 1 SLTA. Selanjutnya, pada bulan September 2018 akan dilaksanakan di Puskesmas, Posyandu, Polindes, Poskesdes, dan Puskesmas Pembantu, dengan sasaran bayi usia 9 bulan sampai dengan anak usia kurang dari 15 tahun.

Baca Juga  Pasca Hilang, Tubaba Cari Talangan Gaji Satpol PP dan Damkar

“Saya sangat mengharapkan agar seluruh ASN di lingkungan Pemkab Tubaba untuk mendukung suksesnya Kampanye MR ini, agar target kegiatan ini dapat tercapai yaitu  95% dari sasaran yang ada,” terangnya.

Peran Tim Penggerak PKK di tiap tingkatan, lanjutnya, sangat diharapkan dalam penyuluhan dan penggerakan sasaran, agar masyarakat luas dapat menerima informasi terkait tentang tujuan, waktu, dan juga jadwal pelaksanaan. Para kader PKK hendaknya dapat menggerakkan kelompok sasaran Imunisasi Massal ini agar datang sesuai waktu pelayanan. Seluruh organisasi kemasyarakatan dan keagamaan pun diharapkan untuk mengajak para orang tua dan wali murid agar membawa anak-anak mereka ke tempat-tempat pelayanan Imunisasi Massal MR sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

Baca Juga  Pencegahan Dini Penyebaran Covid-19, Polres Tubaba Rapid Tes Massal

“Bawalah anak-anak usia 9 bulan sampai dengan usia kurang dari 15 tahun ke sekolah-sekolah, Puskesmas, Posyandu, Polindes, dan berbagai fasilitas kesehatan lainnya untuk mendapatkan Imunisasi Massal MR sesuai waktu yang telah ditentukan,” pintanya

Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Tulangbawang Barat Hi. Umar Ahmad, SP, Wakil Bupati Fauzi Hasan, Kepala OPD Pemkab Tubaba dan seluruh elemen masyarakat yang hadir dalam kegiatan tersebut. (Arie)

 

Berita Terkait

PDI Perjuangan Tubaba Resmi Buka Pendaftaran Calon Kepala Daerah
Tubaba Beri Bantuan Jamban Sehat di Tumijajar
Pj Bupati Tubaba Ziarah ke Makam para Raja
Pj Bupati Tubaba Tinjau Kesiapan Pelayanan Puskemas
Trend Positif, Tubaba Komitmen Tingkatkan Capaian Pembangunan
Pj Bupati Tubaba Safari Ramadan di Masjid Al-Muttaqin Gunung Terang
Kwarcab Pramuka Tubaba Gelar Ceramah Ramadan dan Buka Bersama
Tubaba Akan Beri Bantuan Unggas Untuk Keluarga Beresiko Stunting

Berita Terkait

Sabtu, 20 April 2024 - 15:57 WIB

Wakil Ketua I DPRD Tanggamus Apresiasi Langkah Efisiensi Anggaran Pj Bupati

Rabu, 17 April 2024 - 20:18 WIB

Pemkab Tanggamus Apel Perdana Pasca Libur Lebaran

Minggu, 7 April 2024 - 22:37 WIB

Ketua IPNU Tanggamus: Pemuda Harus Dapat Memilih Pemimpin yang Tepat

Selasa, 2 April 2024 - 09:31 WIB

Meriahkan HBP ke-60 Tahun, Lapas Kotaagung Bagikan Takjil

Selasa, 2 April 2024 - 09:27 WIB

Kemenkumhan Gelar Apel Siaga Pengamanan Hari Raya seluruh Lapas

Minggu, 31 Maret 2024 - 20:18 WIB

DPRD Tanggamus Paripurna LKPj Bupati Tahun 2023

Sabtu, 23 Maret 2024 - 19:33 WIB

Dinkes Tanggamus Gelar Baksos Operasi Bibir Sumbing di RS Batin Mangunang

Jumat, 22 Maret 2024 - 19:24 WIB

Upacara HUT Ke-27 Tanggamus, Puncak Apresiasi dan Momentum Bersejarah

Berita Terbaru

Anggota Bawaslu Bandarlampung, Muhammad Muhyi. Foto: Arsip Agis.

Bandarlampung

Rekrutmen PPK, Bawaslu Beri Catatan untuk KPU Balam

Selasa, 23 Apr 2024 - 20:42 WIB