oleh

30 Balon Katiyuh se-Tubaba Lolos Verifikasi, Satu Orang Absen

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Sebanyak 30 dari total 31 bakal calon (balon) kepalo tiyuh di dua kecamatan yakni Tumijajar dan Tulangbawang Tengah dinyatakan lolos verifikasi dan penelitian berkas pencalonan oleh tim seleksi Pemkab Tulangbawang Barat, yang dilaksanakan di ruang rapat Bupati, di Panaragan, Kecamatan Tulangbawang Tengah, Senin (30/7).

Dalam verifikasi berkas bacalon katiyuh tersebut, satu orang atas nama Sahri bacalon Katiyuh Daya Sakti, Kecamatan Tumijajar tidak hadir lantaran sedang menjalani pengobatan di salah satu rumah sakit di Bandar Lampung.

\”Hari ini semua bacalon katiyuh lolos verifikasi berkas, hanya Sahri yang tidak hadir. Namun, alasan ketidakhadiran tersebut kita tunggu maksimal dua hari ke depan. Kalau hari ini dia baru kirim gambar dia sedang dirawat,\” terang Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Somad, kepada┬áNetizenku.com, Senin (30/7).

Baca Juga  LANUD di Tuba Dikonsep Bandara Komersil

Dari 31 bacalon katiyuh termasuk Sahri, kata dia, nantinya panitia kabupaten akan menggugurkan satu bacalon katiyuh di Tiyuh Makarti. Sebab, di tiyuh tersebut terdapat 6 bacalon. \”Untuk tiyuh ini akan ada seleksi tambahan 1-3 hari ke depan dengan mengerjakan 50 soal yang disediakan panitia, nanti hasilnya bacalon yang mendapat nilai terendah akan kita gugurkan. Karena dalam pemilihan katiyuh ini sesuai aturan maksimal 5 calon saja,\” paparnya.

Sementara untuk ketidakhadiran Sahri, jika panitia telah mendapatkan keterangan sakit dari yang bersangkutan dibuktikan dengan keterangan dokter maka akan dilakukan verifikasi langsung oleh panitia tanpa harus dihadiri yang bersangkutan. \”Kalau ada keraguan berkas peryaratan yang diserahkan bacalon ini, baru kita datangi untuk dilakukan cek fisik,\” tukasnya.

Baca Juga  Tidak Kuorum, Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Tubaba 2018 Ditunda

Menurut Somad, dalam verifikasi berkas bacalon katiyuh di dua kecamatan tersebut dilakukan oleh unsur kepolisian, TNI, kecamatan, dinas pendidikan, panitia tiyuh, Kemenag Tubaba, dan panitia pilkati masing-masaing tiyuh dan dihadiri para bacalon beserta istri.

Nama bacalon tersebut yakni untuk Tiyuh Gunung Menanti Elwani, Hariyanto, Sulyadi, Juliyanto, Idi yostra; Tiyuh Sumber Rejo yakni Joko Supriyanto, Supriyanto, Daryono Haryadi, Sukarjo, Siti Romandiyah; Tiyuh Makarti yqkni Maryatun, Edi Ismanto, Dalius Maliando, Sunaryo ( petahana), Budiyanto, Warino; dan Tiyuh Dayasakti yakni Sahri, SH (petahana), Heri Supari, Jiono, Ponidi, dan Ismangun Johan; sementara Tiyuh Daya Asri sedang dilakukan proses penjaringan ulang lantaran pada gelombang 1 hanya muncul satu calon yakni petahana Alif Fiantoro.

Baca Juga  Tubaba Lakukan Rasionalisasi Anggaran pada Penyusunan APBDP 2020

Selanjutnya untuk bacalon di Kecamatan Tulangbawang Tengah, untuk Tiyuh Menggala Mas yakni Ahmad Nur, Sulminadi, Horman (petahana), Tiyuh Pulung Kencana yakni Hendarwan, Dul Radjak (Petahana), Indarjo, Aris Tusyah; dan Tiyuh Bandar Dewa yakni Nursilawati (petahana), Anwar, dan Emrus.

\”Masih ada 2 hari untuk verifikasi berkas pencalonan kepalo tiyuh yakni Selasa (31/7) untuk bacalon kepalo tiyuh di Kecamatan Gunung Agung, Lambu Kibang, Gunung Terang, dan Way Kenanga, dan pada Rabu (1/8) untuk bacalon katiyuh di Kecamatan Batu Putih,\” pungkas Somad. (Arie)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *