404 Not Found

Maaf, halaman yang anda cari tidak tersedia atau URL yang Anda inputkan salah

Umar Ahmad dan Sinyalemen Dukungan PDI Perjuangan

Mantan Bupati Kabupaten Tubaba, Umar Ahmad. Foto: Ist.

Mantan Bupati Kabupaten Tubaba, Umar Ahmad. Foto: Ist.

Bandarlampung (Netizenku.com): Ketua DPD PDI Perjuangan Lampung, Sudin, mendukung penuh bila kader-kadernya ingin maju pada pemilihan gubernur 27 November mendatang. Memang ada beberapa nama yang disebutnya. Namun nama Umar Ahmad disebut paling awal. Mungkinkah ini sebentuk sinyalemen?“

Nggak, saya tidak ikutan. Biar saya berkiprah di DPR RI saja. Itu pun sudah Alhamdulillah,” ucapnya kepada wartawan usai memimpin rapat pembentukan tim penjaringan calon gubernur Lampung 2024 di kantor DPD PDI Perjuangan Lampung, Kamis (18/4).

“Lagi pula ada kader-kader PDI Perjuangan di Lampung yang lebih pantas maju kontestasi. Seperti Umar Ahmad. Ada juga Pak Sutono dan Yanuar,” imbuh Ketua Komisi IV DPR RI ini.

Saat ditanya siapa yang akan disuport PDI Perjuangan, Sudin menanggapi dengan senyuman.

“Pokoknya kalau ada yang maju saya akan dukung. Tapi yang paling penting elektabilitas,” sergahnya.

Lebih lanjut disampaikan Sudin, bahwa dalam menghadapi pilgub nanti partainya harus berkoalisi dengan partai lain.

“Untuk koalisi kita tegak lurus dengan keputusan DPP,” timpalnya.

Pasca berita ini tersiar, banyak kader partai yang merespon pernyataan Sudin tersebut. Terutama yang berkenaan dengan penyebutan nama Umar Ahmad. Suara dukungan cukup deras terdengar dari kalangan kader senior PDI Perjuangan Lampung.

Eko Yunita, misalnya, perempuan setengah baya ini sudah tergabung sejak partai berlambang banteng moncong putih itu masih bernama PDI.

“Meski saya sudah tidak aktif di partai, tapi saya tetap mengikuti perkembangannya. Baik melalui pemberitaan maupun lewat kader-kader muda yang masih aktif.

Termasuk info tentang rencana majunya Umar Ahmad pada pilgub. Mendengar itu tanpa ragu saya langsung mengacungkan dua ibu jari. Kalau PDI Perjuangan mengusung Beliau itu jelas pilihan tepat,” ucap mantan pengurus PDI di era Orde Baru tersebut, saat dihubungi Netizenku.com.

Mengenai alasannya mendukung Umar Ahmad, dikatakan Yunita karena Umar sudah punya pengalaman saat memimpin Tulangbawang Barat (Tubaba). Dan, sambungnya, bukan sekadar punya pengalaman. Tapi terbukti membuat lompatan besar pada kabupaten muda itu.

“Kalau bupatinya bukan Umar belum tentu kondisi Tubaba bisa seperti sekarang. Ini fakta,” katanya.

Memang, diakui Yunita, ada kader PDI Perjuangan lain di Lampung yang juga pernah sebagai kepala daerah. Tapi, menurutnya, secara obyektif belum ada yang berprestasi semoncer langkah Umar Ahmad saat memimpin sebuah daerah.

“Rugi kan kalau orang yang sudah terbukti berpotensi besar sebagai pemimpin tidak kita dukung. Bahkan, kalau pun saya bukan kader partai, saya akan tetap dukung Umar. Karena Lampung memang butuh orang semacam itu. Berpikiran maju tapi tetap memijak bumi,” urai Yunita yang berdomisili di Kemiling ini.

Dukungan senada juga disampaikan kader senior PDI Perjuangan lainnya. Kali ini datang dari Tarmuji yang dikenal sebagai kader gaek PDI Perjuangan di seputaran Kecamatan Panjang.

Dirinya juga mengaku sudah mendengar partainya mulai melakukan proses awal penjaringan calon gubernur.

“Kalau Pak Sudin menyebut nama Umar Ahmad pada urutan pertama kader partai yang layak maju pilgub, itu spontanitas yang mencerminkan isi kepala dan hati Beliau,” ungkapnya.

Untuk itu Tarmuji menyatakan kesepakatannya. “Itu sudah cocok. PDI Perjuangan Lampung memang pantas mengusung Umar,” sergahnya.

Ketika disinggung masih ada nama-nama kader lain yang ikut disebut Sudin, dengan lugas Tarmuji menganggapnya itu hanya sebentuk basa-basi.

“Sudahlah, kita sama-sama tahu. Perumpamaannya begini. Kalau kita sering memperhatikan seseorang. Alam bawah sadar kita akan merekamnya. Ketika kita sedang spontan maka nama seseorang yang sering kita ingat itu yang akan terucap. Makanya tadi saya bilang, feeling saya kok bilang Pak Sudin memang sudah cocok dengan Umar. Saya dukung itu. Saya juga punya keyakinan besar, kader lain akan ikut sepakat. Kami ini tahu kalau Umar selama ini sebagai kader loyal dan hubungannya bagus ke grassroot. Coba aja disurvei internal. Pasti nama Umar yang muncul. Seribu persen saya yakin itu. Kalau kader lain ya sudahlah, belum sampelah ilmunya,” pungkas Tarmuji.

Kalau dicermati kecenderungannya, pendapat Tarmuji memang terbilang realistis. Karena jauh hari sebelumnya dukungan terhadap Umar Ahmad juga disampaikan oleh kader lain yang mewakili kader muda PDI Perjuangan.

Setidaknya kesan itu sangat gamblang diutarakan Wiyadi yang notabene Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Bandarlampung.

“Kami all out dukung Umar,” ucap Ketua DPRD Bandarlampung itu kepada media, beberapa waktu lalu. (*)

YKWS: Banjir di Balam Bukan Semerta Bencana Alam

Direktur Eksekutif YKWS, Febrilia Ekawati. Foto: Arsip.

Direktur Eksekutif YKWS, Febrilia Ekawati. Foto: Arsip.

Bandarlampung (Netizenku.com): Menyusul pemberitaan terkait banjir yang terjadi di sekitar komplek perumahan Citra Garden, Yayasan Konservasi Way Seputih (YKWS) minta Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung tak mudah memberikan izin bagi pengembang perumahan dan pembukaan area wisata baru di daerah dataran tinggi.

Menurut Direktur Eksekutif YKWS, Febrilia Ekawati, dataran tinggi seperti Kecamatan Kemiling dan Telukbetung Barat harusnya dijaga.

Terlalu mudahnya memberi izin bagi pengembang perumahan dan pembukaan area wisata, kata dia, akan menimbulkan dampak kerusakan lingkungan.

“Dataran tinggi itu harus dijaga, agar fungsi ekosistemnya berjalan dengan baik,” ujar Febri saat dihubungi pada Kamis (18/4).

Menurut dia, banjir yang terjadi secara berulang menandakan adanya kerusakan lingkungan, dan apabila dibiarkan akan memperparah keadaan.

“Tidak bisa kalau semerta-merta disebut bencana alam, apalagi kalau banjirnya berulang. Kalau tadinya tidak banjir, kemudian banjir, artinya ada kerusakan lingkungan. Kalau dibiarkan ya akan tambah parah dan itu merugikan masyarakat,” jelas dia.

Oleh sebab itu, Ia meminta agar Pemkot Bandarlampung tak mudah memberi izin tanpa kajian lingkungan yang jelas.

“Banjir itu kan tidak bisa diselesaikan hanya dengan pendekatan teknik sipil saja. Kalau dataran tinggi gundul, ratusan pohon besar ditebang, apalagi sifat tanahnya bebatuan, tinggal tunggu waktu saja,” pungkasnya. (Agis)

Gubernur Arinal Ajak Semua Pihak Wujudkan Lampung Sebagai Lumbung Ternak Nasional

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, ketika menyampaikan sambutan. Foto: Diskominfotik Lampung.

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, ketika menyampaikan sambutan. Foto: Diskominfotik Lampung.

Bandarlampung (Netizenku.com): Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung Tahun Anggaran 2024.

Acara dengan tema “Harmoni Peternakan Berkualitas dan Kesehatan Hewan Terjamin Untuk Pembangunan Berkelanjutan” itu, berlokasi di Hotel Grand Mercure, Bandar Lampung, Kamis (18/4).

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Arinal mengajak semua pihak bahu membahu meningkatkan kerjasama dan koordinasi sehingga menjadikan Lampung sebagai Lumbung Ternak Nasional.

“Keberhasilan pembangunan peternakan Lampung sangat erat kaitannya dengan keikutsertaan, dukungan dan peran aktif semua pihak. Mari bersama bahu membahu meningkatkan kerjasama dan koordinasi sehingga menjadikan Lampung sebagai Lumbung Ternak Nasional dan Rakyat Lampung Berjaya,” ujarnya ketika menyampaikan sambutan.

Ia menyampaikan bahwa program Pemerintah Provinsi Lampung mewujudkan Visi Rakyat Lampung Berjaya, Sektor Pertanian sub sektor Peternakan tertuang dalam Misi kelima yaitu membangun kekuatan ekonomi masyarakat berbasis pertanian dan wilayah pedesaan yang seimbang dengan wilayah perkotaan.

Dari segi populasi, terang dia, pencapaian Provinsi Lampung tahun 2022 dan 2023, sapi dan kerbau sebanyak 775.027 ekor. Dan berdasarkan hasil Sensus Pertanian 2023 Lampung peringkat 5 Nasional dan peringkat 1 se-Sumatera.

Sedangkan populasi kambing tahun 2022 sebanyak 1.623.358 ekor peringkat 3 Nasional dan 1 se-Sumatera; populasi ayam ras pedaging tahun 2022 sebanyak 91.688.088 ekor peringkat 8 Nasional dan 3 se-Sumatera serta populasi ayam ras petelur tahun 2022 sebanyak 14.257.053 ekor peringkat 8 Nasional dan 3 se-Sumatera.

“Berdasarkan data BPS, PDRB Provinsi Lampung dari sektor pertanian berdasarkan harga berlaku pada tahun 2023 adalah Rp122,5 triliyun, meningkat Rp7,1 triliyun dari tahun 2022,” tutupnya. (Luki)

Libur Lebaran, Lonjakan Wisata Balam Capai 30 Persen

Kepala Dinas Pariwisata Kota Bandarlampung, Adiansyah. Foto: Kiriman WA Adiansyah.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Bandarlampung, Adiansyah. Foto: Kiriman WA Adiansyah.

Bandarlampung (Netizenku.com): Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung melalui Dinas Pariwisata mengklaim bahwa terjadi lonjakan pengunjung wisata saat libur lebaran. Lonjakan tersebut berada dikisaran 30 persen jika dibandingkan dengan pengunjung wisata di akhir pekan.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Bandarlampung, Adiansyah, menjelaskan bahwa wisata alam menjadi destinasi wisata favorit.

“Yang ramai itu seperti Lembah Hijau, Kampung Vietnam dan wisata alam lain,” kata Adiansyah melalui panggilan whatsapp pada Kamis (18/4).

Menurut dia, pengunjung wisata kabupaten lain juga menyempatkan datang ke Bandarlampung sekadar membeli buah tangan.

“Ada juga pengunjung wisata di pesawaran ya bermalamnya di hotel yang ada di Bandarlampung, kemudian belanja juga di sini,” tuturnya.

Ia juga menjelaskan bahwa Dinas Pariwisata tengah melakukan pemantauan dan kajian terhadap potensi wisata yang ada di Bandarlampung.

“Sembari berjalan, kami lagi meninjau mana-mana yang berpotensi menjadi destinasi wisata. Lalu ada juga tempat wisata yang akan mendapatkan perhatian lebih, contohnya seperti Sumur Putri,” tutup Adiansyah. (Agis)

DPD PDI Perjuangan Santai Tanggapi Rumor Umar Ahmad-Edi Irawan

Sekretaris DPD PDI Perjuangan, Sutono. Foto: Ist.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan, Sutono. Foto: Ist.

Bandarlampung (Netizenku.com): Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan tanggapi santai rumor soal Umar Ahmad yang digadang-gadang bakal berpasangan dengan Edi Irawan dalam kontestasi Pilgub mendatang.

Berdasarkan informasi yang tersebar di media massa, DPP Partai Demokrat memerintahkan Ketua DPD Partai Demokrat Lampung, Edi Irawan Arief, untuk maju sebagai wakil gubernur. Perintah terbaru tersebut berdasarkan hasil survei dan pemetaan internal DPP di masing-masing daerah.

Kepala Bappilu Partai Demokrat Lampung, Hanifal, mengklaim bahwa pihaknya intens berkomunikasi dengan Umar Ahmad yang notabene merupakan kader PDI Perjuangan. Jika keduanya berpasangan, partai berlambang bintang mercy tersebut yakin Umar Ahmad- Edi Irawan berpeluang menang pada November mendatang.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris DPD PDI Perjuangan, Sutono, mengaku belum ada apa-apa, sebab pihaknya baru membuka penjaringan.

“Belum ada apa-apa. Posisi kita lagi membuka penjaringan internal maupun eksternal,” ujar Sutono saat dihubungi pada Kamis (18/4).

Mantan Sekretaris Daerah Provinsi Lampung itu juga menegaskan, bahwa DPD hanya melakukan penjaringan dan kemudian dilaporkan pada 31 Mei mendatang.

“Kewenangan ada di DPP. 31 Mei baru kita laporkan siapa-siapa yang daftar. Belum ada yang mengerucut,” pungkasnya. (Agis)

Bupati Pesawaran Kunjungi Komandan Korem 043/Gatam

Pesawaran (Netizenku.com): Dalam rangka meningkatkan tali silaturahmi juga upaya dalam meningkatkan koordinasi serta kolaborasi dalam pengabdian membangun negeri. Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, mengunjungi Komandan Korem 043/Gatam Brigjen TNI Iwan Ma’ruf Zainudin di Makorem 043/Gatam, Bandarlampung, Kamis (18/4/2024).

“Kunjungan kita hari ini guna meningkatkan tali silaturahmi, juga upaya dalam meningkatkan koordinasi serta kolaborasi dalam pengabdian membangun negeri,” kata Dendi.

Sementara itu, Iwan didampingi Kasrem 043/Gatam Kolonel Inf Enjangpara, Kasi Kasrem 043/Gatam dan Dandim 0421/LS, Letkol Inf Esnan Haryadi, sangat mengapresiasi kunjungan dan silaturahmi bupati Pesawaran.

“Kami ucapkan selamat datang dan sangat berterima kasih kepada Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, di tengah kesibukannya masih dapat menyempatkan diri dan meluangkan waktunya untuk berkunjung ke Korem 043/Gatam,” ucap Danrem 043/Gatam.

Dirinya menyampaikan bahwa dalam waktu dekat akan segera dilaksanakan serah terima Komandan Korem 043/Gatam.

“Sebagai informasi awal, saya sampaikan bahwa dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan serah terima atau pergantian pejabat Komandan Korem 043/Gatam,” ucapnya.

Ia berharap jalinan silaturahmi dan kebersamaan yang telah berjalan dengan baik ini dapat terus berlanjut dalam pengabdian kepada bangsa dan negara.

“Mudah-mudahan kerjasama dan kolaborasi yang telah berjalan dengan sangat baik selama ini, agar terus dipertahankan dan bisa dilanjutkan,” pungkasnya. (Soheh)

Dua Tokoh Ambil Formulir Pendaftaran Calon Kepala Daerah di PDI Perjuangan

Liwa (Netizenku.com): Dua tokoh masyarakat tercatat sudah mengambil formulir pendaftaran calon kepala daerah dan wakil kepala daerah Lampung Barat, yang akan diusung PDI Perjuangan pada Pilkada 2024.

Ketua panitia penjaringan calon Kepala Daerah DPC PDI Perjuangan Lampung Barat, Ahmad Ali Akbar, mengatakan dua tokoh yang mengambil formulir sebagai calon kepala daerah, yakni Parosil Mabsus (kader) dan Mad Hasnurin (non kader) yang mengambil formulir sebagai calon wakil kepala daerah.

“Alhamdulillah sudah ada dua yang ngambil formulir, yakni Pak Parosil Mabsus dan Mad Hasnurin, masing-masing ngambil formulir sebagai calon kepala daerah dan wakil kepala daerah, karena masa pendaftaran masih panjang, kami yakin masih banyak tokoh yang akan mendaftar di PDI Perjuangan,” kata dia, Kamis (18/4/2024).

Dijelaskan anggota komisi I DPRD Lampung Barat tersebut, pengambilan formulir akan berakhir 30 April mendatang, dengan masa pengembalian sampai 5 Mei, selanjutnya panitia akan melakukan verifikasi persyaratan, bagi yang lengkap akan disampaikan ke DPP melalui DPD PDI Perjuangan Lampung.

“Penjaringan yang dilakukan PDI Perjuangan terbuka dan tanpa mahar, kami memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh yang berminat, tetapi siapa nanti yang akan diusung merupakan kewenangan DPP PDI Perjuangan, tentu yang akan disampaikan ke DPP bagi yang menyerahkan berkas persyaratan yang lengkap dan sah,” ujar politisi muda ini.

Sementara Mad Hasnurin, yang mengambil langsung formulir sebagai calon wakil kepala daerah, menyampaikan terimakasih kepada PDI Perjuangan yang memberikan ruang bagi dirinya untuk kembali maju sebagai calon wakil kepala daerah.

“Saya daftar sebagai calon wakil kepala daerah, mudah-mudahan diberikan kesehatan, kelancaran dalam mengikuti seluruh proses penjaringan, dan tentu harapannya akan mendapatkan hasil terbaik untuk kita semua,” kata Mad Hasnurin yang pada Pilkada 2017 diusung PDI Perjuangan berpasangan dengan Parosil Mabsus dan meraih kemenangan. (Iwan)

Lampung Memperkaya Kalender Pariwisata dengan 90 Kegiatan Tahun 2024

Kepala Disparekraf Lampung, Bobby Irawan, ketika diwawancarai. Foto: Arsip Luki.

Kepala Disparekraf Lampung, Bobby Irawan, ketika diwawancarai. Foto: Arsip Luki.

Bandarlampung (Netizenku.com): Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi Lampung mengumumkan bahwa tahun 2024 menjadi tahun penuh kegiatan pariwisata dengan total 90 acara yang berlangsung di 15 kabupaten dan kota di wilayah tersebut.

Menurut Kepala Disparekraf Provinsi Lampung, Bobby Irawan, kegiatan-kegiatan tersebut merupakan hasil dari kolaborasi berbagai kegiatan pariwisata yang beragam di berbagai daerah, yang direncanakan bakal dilaksanakan setiap bulan sepanjang tahun 2024.

“Dengan adanya 90 kegiatan ini, kami berharap untuk menjadikan Provinsi Lampung sebagai pusat perhatian event pariwisata, baik di tingkat regional maupun nasional,” kata Bobby Irawan ketika dihubungi Lentera SL, Kamis (18/4).

Kegiatan-kegiatan tersebut meliputi seni budaya tradisional, konser musik, parade, serta berbagai aktivitas pariwisata lainnya.

Tujuannya, lanjutnya, untuk menarik minat wisatawan domestik maupun mancanegara untuk berkunjung dan berpartisipasi dalam acara-acara yang ditawarkan di berbagai kabupaten dan kota.

“Kami berupaya memberikan kemudahan dalam proses perizinan bagi para promotor dan penyelenggara acara, sehingga mereka dapat melaksanakan kegiatan dengan lancar dan sesuai aturan,” lanjut dia.

Beberapa kegiatan khusus yang akan dilaksanakan pada bulan April 2024 ini antara lain Pemilihan Muli Mekhanai di berbagai kabupaten, Festival Radin Djambat di Kabupaten Way Kanan, Malam Pitu Likukh di Kabupaten Lampung Barat, Ngelemang Bebakhong di Lampung Barat, Festival Sekura di Lampung Barat, Taman Bermain Way Kambas, Pekan Fest di Pesisir Barat, dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) di Kota Bandarlampung.

Dengan agenda yang kaya dan beragam seperti ini, diharapkan Lampung dapat terus menjadi destinasi favorit bagi para wisatawan, serta menggerakkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif secara signifikan. (Luki) 

6 Trayek Baru Angkutan Perintis Lampung Diajukan

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Lampung, Bambang Siswoyo, ketika di wawancarai awak media. Foto: Luki.

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Lampung, Bambang Siswoyo, ketika di wawancarai awak media. Foto: Luki.

Bandarlampung (Netizenku.com): Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Lampung bakal menambah 6 trayek angkutan darat perintis pada 2025.

Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kelas II Lampung, Bambang Siswoyo, mengatakan bahwa saat ini sedang dilakukan pengajuan penambahan 6 rute lagi untuk angkutan darat perintis.

Sebelumnya, lanjut dia, sudah ada 7 rute untuk angkutan darat perintis yang tengah berjalan.

“Untuk saat ini dari 2023 sampai 2024 masih ada 7 rute yang sedang berjalan, kemarin kami ajukan lagi 6 rute jadi nanti ada 13 rute di Lampung. Semoga nanti di acc,” kata dia ketika dihubungi Lentera SL, Kamis (18/4).

Berdasarkan data yang diterima, rute ke 7 trayek angkutan perintis yang sudah berjalan antara lain Pringsewu-Sendang Agung (27 kilometer), Rajabasa-Jabung (85 kilometer), Daya Murni-Sp Propau (42 kilometer), Liwa- Kebon Tebu (91 kilometer), dan Pasar Panaragan Jaya- Nagara Batin (52 kilometer).

Sementara 6 trayek yang sedang diusulkan meliputi Rajabasa-Brigif IV Marinir (Pi Abung) (55 kilometer), Pringsewu- Adiluwih- Tegineneng- Metro (58 kilometer), Pasar Adi Rejo- Jabung- Simpang Pugung- Tanjung Kari- Sekampung- Batanghari- Metro (91 kilometer), Pringsewu- Ambarawa- Pardasuka- Kedondong (30 kilometer), Pringsewu- Badung Baru- Adiluwih- Tegineneng (51 kilometer), dan Liwa-Way Batu (51 kilometer).

“Pengajuan trayek baru itu. Diajukan 6 untuk tahun 2025, saya berharap semoga berhasil,” katanya.

Sementara itu, untuk mendukung operasional angkutan darat perintis, Pemerintah Pusat telah mengalokasikan dana subsidi sebesar Rp 4,53 miliar pada tahun 2023/2024.

Subsidi ini bertujuan untuk memberikan keringanan biaya transportasi kepada masyarakat di daerah terpencil yang belum terjangkau oleh akses transportasi yang memadai.

Kemudian, Beberapa angkutan perintis yang sudah berjalan telah memiliki terminal tipe A dikelola di bawah naungan BPTD Lampung.

“Ternyata banyak yang mau mengajukan penambahan, karena itu mempermudah warga yang akses transportasi kurang. Apalagi itukan murah,” tutupnya. (Luki) 

Baru Menghirup Udara bebas, Residivis Curanmor Kembali Ditangkap Polisi

Pringsewu (Netizenku.com): Seorang residivis pencurian sepeda motor asal Kabupaten Lampung Tengah, inisial IH (28), kembali ditangkap oleh polisi atas kasus serupa. Penangkapan terhadap IH dilakukan di halaman Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Gunung Sugih, Rabu (17/4/2024) siang, ketika ia baru saja menghirup udara bebas usai menjalani hukuman.

“IH berhasil diamankan sekitar pukul 10.00 WIB ketika keluar dari LP Gunung Sugih, Lampung Tengah, setelah bebas dari penjara dalam kasus Curanmor,” ungkap Kasat Reskrim Polres Pringsewu, Iptu Mulana Rahmat Al Haqqi, Kamis (18/4/2024) siang.

Kasat Reskrim menjelaskan bahwa penangkapan kembali IH terkait dengan keterlibatannya dalam pencurian sepeda motor Kawasaki KLX di wilayah Kabupaten Pringsewu pada tahun 2020. Aksi pencurian tersebut dilakukan bersama dengan seorang rekannya, AF (28), yang sudah ditangkap lebih dulu dan saat ini sedang menjalani hukuman di Lembaga Pemasyarakatan Kota Agung.

“Pencurian yang melibatkan IH dan AF terjadi pada Selasa, 12 Mei 2020, sekitar pukul 08.30 WIB. Kedua pelaku mencuri sepeda motor yang diparkir di halaman kantor PT Sinar Mitra Sepadan Finance Pringsewu di Jl Makam KH Ghalib, Pringsewu Utara. Korban dari aksi pencurian tersebut adalah Gusti Sakti Yudistira (26), seorang karyawan PT SMS Finance asal Pringsewu, yang mengalami kerugian hingga Rp16 juta,” tambahnya.

Kasat juga menambahkan bahwa IH dan AF tidak hanya terlibat dalam kasus Curanmor di Pringsewu, tetapi juga terlibat dalam kasus pencurian sepeda motor di beberapa wilayah lain, termasuk Kabupaten Lampung Utara dan Kabupaten Lampung Tengah.

“Mereka mengakui bahwa hasil penjualan kendaraan hasil curian digunakan untuk berjudi dan bersenang-senang,” ungkapnya.

Menurut Kasat, sepeda motor korban yang telah dicuri berhasil ditemukan oleh polisi sepekan setelah dilaporkan hilang. Selain itu, polisi juga berhasil menangkap dan memproses hukum penadahnya.

“Dalam proses penyidikan, tersangka IH kami jerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian, dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara,” tandasnya. (Rz)

Tak Hanya Citra Garden, Pengembang Perumahan Diminta Proaktif

Kepala Disperkim Bandarlampung, Yusnadi Ferianto. Foto: Arsip Luki.

Kepala Disperkim Bandarlampung, Yusnadi Ferianto. Foto: Arsip Luki.

Bandarlampung (Netizenku.com): Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung imbau agar pengembang perumahan di Kota Tapis Berseri lebih proaktif berkoordinasi terkait saluran irigasi, terutama saat curah hujan tinggi.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Kota Bandarlampung, Yusnadi Ferianto, mengatakan bahwa pihaknya akan segera berkoordinasi jika ada laporan terkait irigasi atau talut yang rusak.

“Kalau ada talut rusak akan segera kita perbaiki,” ujar Yusnadi saat ditemui di kantornya pada Rabu (17/4).

Menurutnya, saat ini kondisi irigasi perumahan di Bandarlampung aman walau curah hujan cukup tinggi.

“Perumahan di kecamatan lain kan aman,” singkatnya.

Terkait banjir di Kelurahan Olok Gading, pihaknya mengklaim telah mendesak pengembang Citra Garden untuk segera melakukan pengerukan.

“Kita kan sudah rapat dengan Walikota, banyak dinas dan badan terkait. Nanti yang memantau pengerukan ada Satpol PP dan BPBD. Ya sesegera mungkin lah kita minta untuk dikeruk,” pungkasnya.

Sebelumnya, Walikota Bandarlampung, Eva Dwiana, telah melakukan audiensi dengan pengembang perumahan Citra Garden. Eva menilai air hujan bermuara di wilayah Citra Garden berimbas pada pemukiman yang berada di bawahnya.

Ia menyayangkan tindakan pengembang perumahan dalam perubahan alih fungsi kali di sekitar perumahan itu menjadi gorong-gorong yang dangkal. Sebab, hal itu justru mempersempit resapan air di wilayah tersebut sehingga membuat genangan air yang tinggi di sekitarannya. (Agis)

Pj Bupati Tubaba Ziarah ke Makam para Raja

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) M Firsada, melakukan ziarah ke makam raja-raja yang berada di Tiyuh Pagar Dewa, Kecamatan Pagardewa, Sabtu (13/4).

Sekitar pukul 08.00 WIB pagi, Firsada melakukan ziarah diantaranya di Situs Cagar Budaya Makam Minak Pati Pejurit Hidayatullah (Raja Tulang Bawang Ke-X) dan selanjutnya ke Situs Cagar Budaya Makam Tuan Rio Mangku Bumi (Raja Tulang Bawang Ke-IX).

“Ziarah ini dilakukan dalam rangka memperingati hari jadi Tubaba ke-15 dan sebagai wujud mengenang jasa para pejuang daerah. Alhamdulillah kami merasa sangat senang dapat menyempatkan diri melakukan ziarah ini dalam rangka memperingati hari jadi ke-15 Kabupaten Tubaba,” ungkap dia.

Menurut Firsada, jauh sebelum Negara Indonesia merdeka telah lahirlah raja-raja ini. Artinya, sambung Pj Bupati, mereka tidak hanya sebagai pendiri cikal bakal kerajaan dan Kabupaten Tubaba, tetapi mereka juga adalah para pejuang kemerdekaan Republik Indonesia.

“Untuk itu, kita sebagai generasi penerus saat ini, yang sudah menikmati keadaan daerah ini dan Indonesia secara umum wajib menghormati, berterimakasih, meneladani, dan menghargai raja-raja atau para pendahulu kita ini,” pungkasnya. (Leni/Arie)

Musim Selancar, Disparekraf Lampung Klaim Telah Lakukan Koordinasi

Kepala Disparekraf Lampung, Bobby Irawan, ketika diwawancarai. Foto: Arsip Luki.

Kepala Disparekraf Lampung, Bobby Irawan, ketika diwawancarai. Foto: Arsip Luki.

Bandarlampung (Netizenku.com): Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi Lampung, Bobby Irawan, menyatakan kesiapannya untuk menyambut musim selancar di Pantai Krui, Kabupaten Pesisir Barat. Musim selancar di Lampung diprediksi akan berlangsung dari April hingga Oktober.

Menurutnya kondisi ombak di Krui menjadi magnet tersendiri bagi pelancong mancan negara untuk mengunjungi Provinsi Lampung dalam rangka menikmati ombak pantai Kabupaten Pesisir barat dengan berolahraga selancar.

“musim ini merupakan waktu yang tepat untuk para peselancar dari berbagai penjuru dunia untuk merasakan sensasi ombak Krui yang bagus,” kata dia ketika dihubungi Lentera SL, Rabu (17/4).

Untuk menyambut musim selancar itu, Bobby telah melakukan koordinasi dengan para pengelola wisata di Lampung. Koordinasi ini bertujuan untuk memastikan keamanan, keselamatan, kebersihan, dan kenyamanan wisatawan mancanegara yang akan berkunjung ke Krui.

“Prioritas utama kami adalah menjaga keamanan dan keselamatan wisatawan, serta kebersihan dan kenyamanan destinasi wisata,” lanjutnya.

Agar dapat tercipta pariwisata pariwisata berkelanjutan di Provinsi Lampung, tambahnya, semua pihak harus saling bersinergi untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para wisatawan.

Ia juga meminta pengelola wisata untuk tidak memanfaatkan momen ini dengan menaikkan tarif secara berlebihan.

“Harapannya ke depan seluruh turis dan wisatawan dapat terus menjaga kebersihan. Jadi beban kebersihan ini bukan hanya diberikan pada pengelola tapi juga pada pengunjung,” tutupnya. (Luki)

Soal Banjir, Dewan Nilai Pemkot Balam bak Pemadam Kebakaran

Ketua DPRD Kota Bandarlampung, Wiyadi. Foto: Ist.

Ketua DPRD Kota Bandarlampung, Wiyadi. Foto: Ist.

Bandarlampung (Netizenku.com): Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) minta Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung tak seperti ‘pemadam kebakaran’ saat melakukan penanganan banjir.

Ketua DPRD Kota Bandarlampung, Wiyadi, mengklaim bahwa pihaknya sudah lama ‘teriak’ soal potensi banjir di Kota Tapis Berseri. Menurutnya, pemkot perlu melakukan pembenahan dari hulu hingga ke hilir.

“Saya ini udah bertahun-tahun lalu teriak soal banjir. Terkait penanganan banjir, pemkot jangan seperti ‘pemadam kebakaran’ lah. Turun kalau sudah terjadi. Banjir ini kan perlu mendapatkan penanganan khusus, dan pembenahan tersebut harus dilakukan dari hulu hingga ke hilir serta melibatkan banyak leading sektor,” tegas Wiyadi saat dihubungi pada Rabu (17/4).

Terkait banjir yang terjadi di Kelurahan Negeri Olok Gading, Kecamatan Telukbetung Barat, pada H+2 Idul fitri, Wiyadi meminta pemkot melakukan hal yang sama pada setiap pengembang perumahan.

“Lokasi banjir itu kan tak hanya di sekitaran Citra Garden. Di daerah Nyunyai Rajabasa tempo hari juga banjir, dibenahi irigasinya oleh pemkot, eh titik banjirnya pindah. Hal seperti ini lah yang benar-benar perlu pembenahan. Masyarakat ingin titik banjir berkurang, bukan yang sini ditangani, eh besok pindah ke sebelahnya,” tuturnya.

Ia pun menghimbau agar pemkot tak terlalu mudah mengeluarkan izin terkait perumahan, serta tak lepas monitoring.

“Ya harus diselesaikan bersama, perlu ada tim hingga tingkat berjenjang ke bawah. Jangan abai juga pemkot terkait monitoring, kan ada dinasnya, ada camat, juga lurah. Kalau bisa dampingi betul pengembang perumahan itu, benar tidak site plan nya, kemudian sudah sesuai aturan belum. Jangan terlalu mudah keluarkan izin lah,” pungkasnya.

Sebelumnya, Walikota Bandarlampung, Eva Dwiana, telah melakukan audiensi dengan pengembang perumahan Citra Garden. Eva menilai air hujan bermuara di wilayah Citra Garden berimbas pada pemukiman yang berada di bawahnya.

Ia menyayangkan tindakan pengembang perumahan dalam perubahan alih fungsi kali di sekitar perumahan itu menjadi gorong-gorong yang dangkal. Sebab, hal itu justru mempersempit resapan air di wilayah tersebut sehingga membuat genangan air yang tinggi di sekitarannya. (Agis)

Pemkab Tanggamus Apel Perdana Pasca Libur Lebaran

Tanggamus (Netizenku.com): Pemerintah Kabupaten Tanggamus menggelar apel perdana pasca libur dan cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1445 hijriyah/2024 masehi, di lapangan utama komplek perkantoran Pemkab setempat, Selasa (16/4).

Dalam sambutannya Pj Bupati Tanggamus, Mulyadi Irsan, berharap setelah tak kurang dari satu pekan libur kerja, seluruh jajarannya telah kembali siap menjalankan tugasnya masing-masing dengan semangat yang baru.

“Alhamdulillah, kita bisa kembali bertemu dalam keadaan Insya Allah sehat-sehat semua, setelah kemarin kurang lebih kalau tidak salah 10 hari kita libur hari raya, dan hari ini kita diwajibkan mulai kembali melaksanakan tugas,” kata Mulyadi.

Guna memastikan tingkat kehadiran dan disiplin masing-masing instansi, usai apel ia langsung melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke semua OPD, dengan tingkat kehadiran sudah mencapai 85 persen.

Kemudian, terkait situasi keuangan Kabupaten Tanggamus, ia mengatakan keuangan Pemkab saat ini sedang mengalami defisit, dan langkah kongkrit yang dilakukan agar keuangan secepatnya stabil, yakni dengan memangkas hingga 30 persen dana tunjangan kinerja (Tukin).

“APBD sangat minim, jadi langkah tersebut terpaksa dilakukan agar keuangan kabupaten tanggamus cepat stabil untuk menyelamatkan Kabupaten Tanggamus tidak tenggelam. Untuk pembangunan baik infrastruktur dan pertanian, harap dapat mendahulukan sektor penunjang ekonomi masyarakat, setidaknya kita bisa sesegera mungkin keluar dari situasi seperti saat ini,” harapnya. (Arj)

Usai Idul Fitri ASN Kota Metro Mulai Masuk Kerja

Metro (Netizenku.com): Usai cuti hari raya Idul Fitri 1445 H, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kota Metro kembali bekerja seperti biasa. Hal ini juga yang dilakukan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) setempat.

Sesuai dengan edaran yang mengharuskan masuk Selasa, 16 April 2024. ASN Diskominfo kembali melakukan apel pada pagi hari sebelum bekerja.

Hal yang berbeda pada hari ini, Rabu 17 April 2024, apel pagi dipimpin oleh dr. Silfia Naharani Wahdi, selaku Staf Ahli Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan SDM.

Dalam amanatnya, Silfia mengingatkan seluruh ASN Diskominfo Metro agar mengedepankan prinsip Core Value Asn Beraklak, yang telah diluncurkan secara resmi oleh Presiden RI Joko Widodo pada 27 Juli 2021 lalu.

BerAKHLAK mensarikan dan menyederhanakan nilai-nilai dasar ASN yang ada dalam UU No 5/2014 tentang ASN, serta arahan Presiden RI Joko Widodo yang sering menekankan pentingnya pelayanan kepada masyarakat.

“Nilai-nilai tersebut dikerucutkan menjadi tujuh nilai yang berlaku bagi ASN di seluruh Indonesia, yaitu Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Nilai-nilai dalam BerAKHLAK, masing-masing memiliki kalimat afirmasi dan panduan perilaku dalam membantu ASN mengejawantahkan setiap nilai yang ada,” katanya.

Ia juga menekankan pentingnya kedisiplinan, sehingga menanamkan rasa malu terhadap diri sendiri maupun instansi dan pimpinan, atas ketidakdisiplinan.

“Tidak ada lagi ASN yang berangkat dan pulang semaunya di Kota Metro, apabila ada, di sini saya beranikan berkata untuk silahkan mengundurkan diri,” kata Silfia. (Rival)

Arinal Apresiasi Komitmen ASN Lampung Pasca Libur Lebaran

Sekdaprov Lampung, Fahrijal Darminto, ketika memimpin upacara. Foto: Diskominfotik Lampung.

Sekdaprov Lampung, Fahrijal Darminto, ketika memimpin upacara. Foto: Diskominfotik Lampung.

Bandarlampung (Netizenku.com): Sekdaprov Lampung Fahrizal Darminto menyampaikan apresiasi dari Gubernur Arinal Djunaidi kepada ASN Pemerintah Provinsi Lampung atas komitmen dalam meningkatkan disiplin dan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat paska libur Lebaran.

Hal itu disampaikan Fahrizal saat menjadi Pembina Upacara Bulanan di Lingkungan Pemerintah Provinsi Lampung di Lapangan Korpri, Kantor Pemerintah Provinsi Lampung, Rabu (17/4).

Fahrizal mengatakan berdasarkan evaluasi yang dilakukan, tingkat kehadiran para pegawai di hari pertama kemarin pasca libur lebaran mencapai 97 persen.

Ia menyampaikan bahwa Gubernur mengapresiasi komitmen tersebut. Bagi yang belum hadir, sebagian besar dikarenakan sakit atau berhalangan di perjalanan.

Dirinya juga menginformasikan bahwa pelayanan publik di Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM), Samsat Rajabasa, dan Rumah Sakit Jiwa juga tetap berjalan normal seperti biasanya.

“Kemarin juga sudah ditinjau oleh Bapak Gubernur semua dalam kondisi pelayanan yang baik,” katanya.

Dalam konteks arus balik Lebaran, Fahrizal menjelaskan bahwa berkat koordinasi secara intensif bersama seluruh pemangku kepentingan, pelaksanaan arus balik di Provinsi Lampung berlangsung lancar dan terkendali.

“Bapak Gubernur turun langsung kelapangan bersama Forkopimda dan instansi terkait. Bapak Gubernur mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi dalam upaya kita untuk kelancaran arus balik tersebut,” jelasnya.

Terakhir, ia juga mengajak para ASN untuk terus lebih bersemangat dan berinovasi dengan terus merefleksikan nilai-nilai Pancasila serta Bhinneka Tunggal Ika.

Hal tersebut diharapkan dapat menuntun dalam menghadapi tantangan global dan bangkit lebih kuat serta siap membawa Indonesia Maju khususnya untuk Lampung Berjaya.

“Saya mengajak seluruh ASN dan stakeholder terkait untuk berperan aktif, berkiprah dan lebih responsif terhadap kebutuhan masyarakat. Berikan layanan lebih cepat, tanggap dan menjunjung tinggi profesionalisme,” pungkasnya. (Luki) 

 

Warga Tembelang Temukan Jejak Harimau Sumatera Kelilingi Kandang Sapi

Liwa (Netizenku.com): Keberadaan Harimau Sumatera di wilayah Suoh dan Bandar Negeri Suoh (BNS) Lampung Barat, selain telah menelan korban nyawa manusia, dan beberapa hari lalu memangsa unggas milik warga, Rabu (17/4) dini hari jejak binatang buas tersebut ada di sekitar kandang sapi milik Yones Chandra.

Camat BNS Mandala Harto, mengatakan dia mendapat informasi dari Satgas dan masyarakat Pekon Tembelang, yang menemukan jejak Harimau Sumatera mengelilingi kandang sapi milik Yones Candra berada di koordinat 416187 9430819 Pemangku Campang, Pekon Tembelang.

“Dilihat dari jejak kakinya, itu merupakan jejak kaki Harimau Sumatera. Harimau Sumatera tersebut sempat mengelilingi kandang sapi milik Bapak Yones Candra,” ungkap Mandala Harto.

Dengan penemuan jejak tersebut, Mandala, meminta warganya untuk tetap waspada, karena di sekitar penemuan jejak tersebut saat ini masuk dalam kategori kerawanan tinggi.

“Masyarakat yang memiliki kebun di wilayah kerawanan tinggi diharapkan menghentikan sementara aktivitas di kebun, guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan,” harapnya.

Sebelumnya, Harimau Sumatera yang teridentifikasi harimau paling dicari oleh petugas selama dua bulan terakhir, dilaporkan telah memangsa ayam jago dan itik (bazor/mentok) milik Zaenul, warga Pemangku Bumi Agung, Pekon Sumber Agung, Kecamatan Suoh, Lampung Barat. (Iwan)

Awal Mei PDI-P Balam Buka Penjaringan, Eva Dwiana Masih Miliki Kans

Ketua DPRD Kota Bandarlampung, Wiyadi. Foto: Ist.

Ketua DPRD Kota Bandarlampung, Wiyadi. Foto: Ist.

Bandarlampung (Netizenku.com): Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Bandarlampung akan melakukan penjaringan bakal calon walikota pada awal Mei mendatang.

Menurut Ketua DPC PDI-P Bandarlampung, Wiyadi, pihaknya tak membatasi siapapun untuk mendaftar.

“Siapapun boleh mendaftar, apalagi kader-kader terbaik,” ujar Wiyadi saat dihubungi pada Rabu (17/4).

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bandarlampung tersebut juga menuturkan, bahwa siapapun masih memiliki kesempatan tinggi untuk diusung PDI-P, termasuk Eva Dwiana meski kerap diterpa rumor ‘tak baik-baik saja’ dengan PDI-P.

“Saya kira semua masih memiliki kesempatan ya,” kata dia.

Ia pun menjelaskan bahwa pihaknya tengah menjalin komunikasi secara intens, dan tak menutup kemungkinan berkoalisi dengan parpol manapun.

“Kalau komunikasi, ngobrol, itu sering sekali ya. Lihat nanti saja, karena keputusan tetap berada di pusat,” pungkasnya. (Agis)

PS Siliwangi-TP Sriwijaya Dukung Mukhlis Basri Maju Pilgub Lampung

Liwa (Netizenku.com): DPD PS Siliwangi Bersatu dan DPD TP Sriwijaya Pengda Provinsi Lampung, meminta secara langsung kepada Mukhlis Basri, untuk mencalonkan diri sebagai gubernur Lampung.

Dukungan DPD PS Siliwangi Bersatu, disampaikan saat bersilaturahmi di kediaman Mukhlis Basri di Korpri Bandarlampung, Senin (15/4) malam, melalui juru bicaranya Imam Teguh.

“Kami mendukung Pak Mukhlis untuk maju sebagai calon gubernur Lampung periode 2024-2029,” kata dia.

Menurut Imam Teguh, yang juga pengurus DPC PS Siliwangi Bersatu Pesawaran, sosok Mukhlis Basri, sangat layak memimpin Lampung lima tahun kedepan, dia telah teruji, mempunyai pengalaman sebagai kepala daerah, dan pengalaman sebagai anggota DPR RI sehingga memiliki jaringan yang sangat luas.

“Lampung Barat maju dengan tangan dinginnya, sosoknya low profile, dekat dengan semua kalangan, sangat merakyat, mengayomi, dan yang pasti jaringannya sangat luas, sehingga kami optimis akan membawa Lampung lebih maju,” ujarnya.

Dukungan juga disampaikan Ketua DPD TP Sriwijaya Pengda Lampung Nurhasanah. Menurut anggota DPRD Provinsi Lampung tersebut, Lampung butuh sosok pemimpin yang dekat dengan rakyat, mau membersamai rakyat, mau tahu apa yang menjadi persoalan di tengah masyarakat, serta mampu mencarikan solusi dan menyelesaikan persoalan.

“Mukhlis selain dikenal dekat dengan semua golongan, dari petani, nelayan, bahkan kaum marginal, apalagi dia terlahir sebagai anak petani, tentu paham dengan persoalan dan mampu memecahkan solusi, terbukti berkat kepemimpinan Mukhlis Basri, Lampung Barat semakin maju dan sejahtera, sehingga Lampung Barat terkenal dengan kabupaten paling aman dan damai,” beber Nurhasanah.

Menanggapi dukungan dari berbagai pihak tersebut, Mukhlis Basri, menyampaikan terimakasih. Tetapi kata dia, sebagai kader PDI Perjuangan dirinya setia, tunduk, dan loyal kepada Ketua Umum Megawati Soekarno Putri.

“Saat ini saya ditugaskan PDI Perjuangan dan masyarakat Lampung, sebagai anggota DPR RI, sebagai kader ideologis, saya setia, tunduk dan loyal terhadap Ketua Umum Ibu Megawati, dan siap menjalankan tugas apapun yang diperintahkan,” ujarnya. (Iwan)

Pj Bupati Tubaba Tinjau Kesiapan Pelayanan Puskemas

Tulangbawang Barat (Netizenku.com): Usai cuti bersama Hari Raya Idul Fitri, Penjabat Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) M Firsada, melakukan peninjauan terhadap pelayanan Puskesmas dan kesiapan mobilitas ambulans, guna memastikan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat berjalan lancar.

Kegiatan tersebut berlangsung di Puskesmas Mulya Asri, Kecamatan Tulangbawang Tengah, dan Puskesmas Daya Murni Kecamatan Tumijajar, Selasa (16/4).

Pada kunjungan tersebut, Firsada mengatakan terkait pelayanan kepada masyarakat, khususnya pelayanan kesehatan, sangat penting bagi Puskesmas yang ada di Kabupaten Tubaba agar dapat memberikan pelayanan yang lebih dan maksimal kepada masyarakat dengan rasa nyaman.

“Puskesmas memiliki peranan penting untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Tubaba, mulai dari pelayanan pendaftaran sampai memberikan pelayanan rujukan ke fasilitas kesehatan lanjutan,” jelasnya.

Firsada juga meninjau secara langsung beberapa ruangan untuk mengetahui fungsinya, dan kesiapan fasilitas serta mengecek kesiapan pada mobil ambulans guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan berbagai kondisi gawat darurat.

Firsada selanjutnya meninjau ruangan pendaftaran, dan berbincang akrab dengan warga masyarakat yang sedang menunggu antrean untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Di kesempatan itu juga, ia mengingatkan kepada seluruh tenaga kesehatan di Puskesmas untuk tidak menunda melakukan pelayanan kepada masyarakat, karena tugas Puskesmas adalah memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat secara cermat, akurat, tepat, dan bersahabat.

“Saya sangat mengapresiasi kinerja teman-teman terutama tenaga kesehatan dengan segala keterbatasan yang ada tetap bisa menjalankan tugasnya dengan baik,” tuturnya. (Leni/Arie)

Bupati Pesawaran Klaim Tidak Anti Kritik

Pesawaran (Netizenku.com): Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, menyampaikan bahwa pihaknya tidak anti kritik dan menerima semua masukan serta saran, maupun kritik, dalam membangun Bumi Andan Jejama. Hal tersebut diutarakan saat upacara bendera bulanan dan halal bihalal di lingkungannya, Rabu (17/4/24).

“Saran, masukan, maupun kritik yang disampaikan, kami terus menerima dan berterima kasih. Semua itu adalah untuk perubahan Kabupaten Pesawaran agar lebih baik lagi,” ucapnya.

Dendi mengatakan bulan Syawal ini menjadi momentum titik awal untuk bertransformasi menuju pribadi yang bersih pikiran, perkataan, dan perbuatan.

“Selain itu, halal bihalal ini semoga menguatkan kembali ikatan tali silaturahmi dan juga ikatan persaudaraan yang selalu mengendor dan melemah, akibat menjalankan tugas dan kewajiban masing-masing,” ungkapnya.

Dirinya mengajak kepada semua pihak untuk saling memaafkan. Ia juga berharap agar momentum ini juga bisa menjadi evaluasi untuk diri sendiri, guna meningkatkan kinerja secara profesional dan proporsional.

“Selalu menjaga keseimbangan antara hak dan kewajiban, serta selalu berpegang teguh pada aturan perundang-undangan,” ujarnya.

Apa lagi lanjut dia, pasca pandemi Covid-19, sampai saat ini masih diperlukan adaptasi sehingga dibutuhkan solusi.

“Kita sadar, pasti ada kendala, hambatan dan lainnya, tapi kita juga tidak boleh berdiam diri. Kita harus tetap bergerak mencarikan solusi dan penyelesaiannya,” ajaknya

Dia mengajak jajaranya untuk tetap optimis mampu melewati tantangan ini dan berharap kedepan akan lebih baik lagi. (Soheh)

Hujan Deras Guyur Pesawaran, Beberapa Wilayah Tergenang Banjir

Pesawaran (Netizenku.com): Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Pesawaran dari tengah malam hingga pagi tadi, menyebabkan banjir di sebagian besar wilayah yang berada di dekat aliran sungai pada Jumat (12/4/24) dini hari.

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, yang mengetahui hal itu telah memerintahkan jajarannya untuk meninjau lokasi dan memberi bantuan kepada warga terdampak.

Melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesawaran, Dendi memberikan bantuan bahan pangan untuk membantu masyarakat korban banjir.

Kepala BPBD Kabupaten Pesawaran Sopyan A. Gani, mengatakan berdasarkan data dari Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD, banjir yang terjadi disebabkan oleh hujan dengan intensitas tinggi dan waktu yang cukup lama, sehingga membuat debit air meningkat drastis dan sungai di sekitarnya tak mampu lagi menampung debit air.

“Hujan deras pada hari Jumat, 12 April 2024 pada Pukul 02.00 WIB sampai Pukul 04.00 WIB mengakibatkan meluapnya Sungai Way Padang Ratu di Kecamatan Kedondong, Way Lima di Kecamatan Way Lima, dan Way Ngison di Kecamatan Gedongtataan Kabupaten Pesawaran,” katanya.

Terdapat beberapa kecamatan yang terdampak banjir pada malam H + 3 Idul Fitri itu. Di Kecamatan Gedongtataan dilaporkan sebanyak 7 unit rumah tergenang air setinggi 50 cm di dusun 3 Desa Bagelen.

Lalu di Kecamatan Way Khilau, Desa Kubu Batu dan Desa Tanjung Rejo serta Desa Mada Jaya mengalami banjir hingga masuk ke rumah warga. Camat sudah meminta kepala desa agar segera membuka pintu bendungan untuk mengantisipasi air banjir semakin meluap

Kemudian di Kecamatan Way Lima, sebanyak lima desa di kecamatan itu terdampak banjir akibat meluapnya sungai Way Padang Ratu dan Way Awi.

Dari pantauan di lapangan, kondisi debit air sungai Way Padang Ratu dan Way Awi sudah berangsur surut, namun genangan masih memenuhi rumah warga. Banjir itu menggenangi rumah warga di Desa Tanjung Agung, Desa Gedung Dalom, Desa Kuta Dalom, Desa Baturaja dan Desa Sindang Garut.

Di Kecamatan Kedondong, banjir juga melanda beberapa rumah di Desa Teba Jawa, Desa Way Kepayang dan Desa Gunung Sugih. Hal itu membuat beberapa warga mengalami kerugian materil seperti kerusakan beberapa alat elektronik. Dilaporkan sampai saat ini banjir sudah surut dan warga secara swadaya telah membantu membersihkan rumah terdampak banjir. (Soheh)

Petuah Margaret Thatcher dan Peluang Umar Ahmad

Namanya Margaret Thatcher. Sosok Thatcher adalah perdana menteri perempuan pertama di Inggris, sekaligus pemimpin perempuan pertama di Benua Eropa.

Thatcher yang menggeluti ilmu kimia di perguruan tinggi dan menggandrungi politik di realita kehidupan tidak hanya sekadar menjabat perdana menteri. Tapi dia seakan tangguh menggenggamnya. Tak pelak 3 periode (1979 hingga 1990) tahta terhormat itu dia duduki dengan kokoh. Sekokoh kebijakannya yang tak kenal gentar. Pun terhadap kekuatan Uni Soviet (kini Rusia) yang dikenal mendominasi kekuatan politik dan persenjataan dunia ketika itu.

Malah, saking kagumnya dengan keberanian perempuan yang satu ini, Krasnaya Zevzda (Bintang Merah) yang merupakan suratkabar harian militer Soviet, membuat berita tentang Thatcher. Kurang lebih judulnya “Si Perempuan Besi Timbulkan Kekhawatiran”. Tanpa dinyana julukan itu melekat kekal pada Thatcher; “Iron Lady”.

Lantas apa hubungan antara sepak terjang Margaret Thatcher Sang Iron Lady dengan Umar Ahmad yang juga tercatat telah  beberapa periode memimpin Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) dan kini tengah bersiaga menyongsong kontestasi politik sebagai calon Gubernur Lampung?

Hubungannya relatif. Bahkan, kendati kapasitas dan masa berkiprah berbeda, keduanya memiliki kesamaan sebagai sosok fenomenal pada ranahnya masing-masing. Tetap ada benang merah yang bisa ditarik.

Terkait dengan itu penulis teringat ucapan Umar Ahmad, sesaat setelah dirinya menerima deklarasi dukungan dari lembaga Humanika untuk maju di pilgub mendatang.

Ketika itu Umar bilang, “Kalau ditanyakan secara pribadi apakah siap maju pilgub? jawaban saya tetap tidak berubah. Saya tidak siap. Tapi kalau pernyataannya bahwa kita memiliki kegelisahaan yang sama terhadap kondisi Lampung hari ini dan bertekad bersama-sama ingin memperbaikinya, maka dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim saya siap bergerak untuk memajukan Provinsi Lampung”.

Dia lantas menambahkan, untuk itu perlu diinventarisir seberapa banyak orang atau pihak yang memiliki kegelisahan serupa dan kemudian tertarik melakukan perubahan secara bersama. “Barisan itulah yang sejatinya akan menjadi Pasukan Lampung yang akan bergerak konkrit membangun Lampung”.

Dengan kata lain, saat itu Umar ingin menggarisbawahi, bahwa gerakan yang dilakukan secara bersama-sama oleh “Pasukan Lampung” hendaknya jangan berorientasi hanya sekadar menjadikan dirinya sebagai gubernur. “Tapi bagaimana proses ini dapat terkristalisasi menjadi sebuah gerakan yang pada akhirnya bertujuan membangun Lampung.”

Demikianlah niatan Umar yang sudah terucapkan. Di sinilah korelasi antara Umar Ahmad dan petuah Sang Iron Lady terlihat. Tak ubahnya gayung bersambut. Apa itu?

Dulu Margaret Thatcher pernah berpesan;

“Jagalah pikiranmu, karena itu akan menjadi kata-kata. Hati-hati dengan ucapan, karena mereka akan menjadi nyata. Jagalah tindakanmu, karena itu akan menjadi kebiasaan. Jagalah kebiasaanmu, karena itu akan menjadi karaktermu. Dan jagalah karaktermu, karena itu akan menjadi takdirmu. Apa yang kita pikirkan, kita jadinya”.

Jika niatan di benak dan hati Umar Ahmad sudah terucap, ingin bergerak bersama orang-orang yang menyimpan kegelisahan lantaran prihatin dengan kondisi Lampung hari ini, kiranya ucapan itu telah berproses menjadi nyata.

Itu setidaknya kentara dari mulai merebaknya perbincangan publik seantero Lampung tentang Umar Ahmad yang hendak maju pilgub. Tak sebatas berucap, sebagian bahkan telah melangkah nyata dan secara swadaya memasang baliho Umar Ahmad di berbagai titik strategis dan pada momentum startegis pula, menjelang Idul Fitri.

Fenomena itu bisa dibaca telah berlangsungnya transformasi sikap. Bila sebelumnya banyak kalangan yang mengajukan pertanyaan, apakah Umar Ahmad akan maju pilgub, kini pertanyaan itu telah bersalin rupa menjadi “pernyataan” sikap dukungan.

Mungkinkah juga tekad Umar Ahmad yang ingin membawa harkat martabat Lampung ke posisi lebih layak merupakan cerminan karakternya? Sebentuk karakter yang bergerak demi kebersamaan.

Kalau kembali mengutip penutup dari petuah Margaret Thatcher tadi, “Jagalah kebiasaanmu karena itu akan menjadi karaktermu. Dan jagalah karaktermu karena itu akan menjadi takdirmu. Apa yang kita pikirkan, kita jadinya”, agaknya pesan ini bisa dijadikan panutan oleh Umar Ahmad dan para pendukungnya bila harapan ingin menjadi kenyataan, sebagai takdir.

Tentunya dengan catatan konsisten pada niat awal. Merubah kondisi Lampung yang memprihatinkan menjadi Lampung yang semestinya. (*)

Ketua IPNU Tanggamus: Pemuda Harus Dapat Memilih Pemimpin yang Tepat

perwakilan kaum muda sekaligus Ketua IPNU Tanggamus, Arif Darma Sunaryo, ketika memberikan keterangan.

perwakilan kaum muda sekaligus Ketua IPNU Tanggamus, Arif Darma Sunaryo, ketika memberikan keterangan.

Tanggamus (Netizenku.com): Kontestasi politik Pilkada Tanggamus akan berlangsung pada 27 November 2024. Untuk menentukan pemimpin yang baik, peserta pemilih harus memahami persis kebutuhan Tanggamus di masa depan.

“Pemilih tahun ini akan didominasi oleh kaum muda. Dalam hal ini, pemuda harus ikut andil dalam penentuan pemimpin daerah dengan mengedepankan nalar kritis dalam menganalisa Bacalon bupati yang ideal,” ujar Arif Darma Sunaryo, perwakilan kaum muda sekaligus Ketua IPNU Tanggamus, dalam acara Buka Bersama & Silaturahmi KB IPNU IPPNU Se-Tanggamus (6/4).

Ia juga optimis generasi Milenial maupun Gen Z dapat mengedepankan pemimpin yang pro terhadap rakyat. Bukan memilih berlandaskan transaksional.

“Saya optimis generasi Milenial dan gen z akan menjadi pemilih cerdas di Pilkada 2024,” imbuhnya.

Berdasarkan penjelasannya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanggamus telah menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) untuk Pilkada 2024 sebanyak 451.682 orang. Dari jumlah tersebut, 233.325 orang adalah laki-laki dan 218.357 orang adalah perempuan.

Meskipun jumlah DPT Kabupaten Tanggamus berkurang 2.560 pemilih dibandingkan Pilkada 2020, namun gen Milenial dan gen Z tetap mendominasi.

Arif juga mengatakan bahwa dirinya mendengar kegelisahan anak muda yang bergerak dalam komunitas atau organisasi kepemudaan yang merasa mimpi besarnya tidak diperhatikan.

“Pemuda dalam mengawal bangsa sudah tidak diragukan lagi dalam catatan sejarah. Hari ini familiar sekali bahwa kita akan menghadapi bonus demografi pada 2030-2040 yang kemudian disusul di tahun 2045 mencapai Indonesia emas. Kemajuan ini akan disulam oleh pemuda pemudi yang kreatif dan inovatif yang membutuhkan support dari semua pihak termasuk pemerintah,” paparnya.

Menurutnya, sebagai pemuda harus dapat mewujudkan mimpi Tanggamus tercinta ini dengan sinergisitas tinggi pemerintah dan kaum muda.

“Kami akan memprioritaskan calon pemimpin yang visi misinya melibatkan kaum muda dan organisasi yang kami jalani,” tutupnya.

Untuk diketahui, acara Buka Bersama & Silaturahmi KB IPNU IPPNU Se-Tanggamus dihadiri oleh ratusan kader IPNU dan IPPNU dari seluruh kecamatan di Kabupaten Tanggamus. Acara ini bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar kader IPNU dan IPPNU serta meningkatkan kesadaran mereka akan pentingnya partisipasi politik dalam Pilkada 2024. (Luki)

 

PLN UID Lampung Siap Amankan Pasokan Listrik Idul Fitri 1445H

 

Bandarlampung (Netizenku.com): Menjelang perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Lampung menggelar Apel Siaga Kelistrikan guna memastikan pasokan listrik dalam kondisi aman. Apel Siaga dilaksanakan secara serentak seluruh unit PLN seluruh Indonesia pada hari Sabtu (6/4/2024).

Apel dipimpin langsung oleh Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo yang dilaksanakan secara hybrid, baik daring maupun luring.

Dalam arahannya, Darmawan Prasodjo menyampaikan, PLN tengah bersiaga penuh terhadap sistem kelistrikan, personel hingga infrastruktur pendukung untuk menghadirkan momen lebaran dengan layanan listrik yang tetap terjaga keandalannya.

“Dalam menghadapi lebaran, kita siaga penuh sampai tanggal 19 April mendatang. PLN berkomitmen untuk selalu menyediakan listrik yang andal bagi masyarakat,” kata Darmawan.

Darmawan menegaskan, semuanya harus dalam kondisi siap, dalam status _on_ dan _stand by_, siap diterjunkan ke lokasi yang membutuhkan layanan kelistrikan.

Hal itu disampaikannya dihadapan 81.591 personel yang mengikuti Apel Siaga Kelistrikan Idul Fitri 1445 H tersebut.

Sementara itu, General Manager PLN UID Lampung, Sugeng Widodo mengatakan bahwa rangkaian kegiatan ini merupakan wujud nyata dari komitmen PLN dalam upaya memberikan pelayanan terbaik dan rasa nyaman bagi 2,6 juta pelanggan, terutama dalam masa Siaga Ramadhan dan Idul Fitri 1445H.

Terkait kondisi pasokan listrik di Lampung, Sugeng menjelaskan bahwa beban puncak subsistem Lampung mencapai 1146 Mega Watt (MW), sedangkan total daya mampu pembangkit di Lampung sebesar 1213 MW.

“Kami ingin masyarakat Lampung merasa aman dan nyaman dalam menggunakan listrik saat ramadhan dan lebaran Idul Fitri tahun 2024 ini, untuk itu kami pastikan seluruh personil, peralatan dan material pendukung lainnya selalu dalam kondisi siap dan prima. Kita semua berharap, pasokan listrik selama masa siaga Hari Raya Idul Fitri 1445 H selalu dalam kondisi aman,” ujar Sugeng Widodo, General Manager PLN UID Lampung.

Sugeng mengimbau kepada masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik, sebelum meninggalkan rumah agar memastikan instalasi listrik di rumah harus dalam kondisi aman.

“Tentunya keselamatan kelistrikan menjadi hal yang paling penting. Sebelum meninggalkan rumah, pastikan instalasi listrik dalam kondisi aman dari bahaya kebakaran akibat korsleting atau arus pendek listrik,” imbuhnya.

Senior Manager Distribusi PLN UID Lampung, Huslan Husain mengatakan sebanyak 1125 personil yang terdiri dari 124 Petugas PLN dan 1001 Petugas Pelayanan Teknik disiagakan dan disebar ke 107 Posko Siaga. Ia menambahkan bahwa PLN UID Lampung juga menyiagakan sebanyak tiga Tim Elit PLN yaitu Tim PDKB (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan), yang siap melaksanakan pekerjaan pemeliharan jaringan listrik tanpa padam.

Di masa siaga, PLN UID Lampung juga telah memetakan beberapa titik lokasi yang menjadi prioritas utama dalam pengamanan pasokan listrik.

“Sebanyak 106 masjid besar, 72 lokasi VIP/VVIP serta lokasi pelabuhan penyeberangan, stasiun kereta dan terminal induk ditetapkan menjadi lokasi prioritas utama PLN dalam pengamanan kelistrikan pada periode siaga,” ujarnya.

Dia juga mengajak kepada seluruh pelanggan dalam hal percepatan penanganan keluhan atau gangguan kelistrikan, gunakanlah saluran resmi pengaduan PLN yaitu Call Center 123 dan Aplikasi PLN Mobile. (Rls)

PGN Pastikan Layanan Gas Bumi Aman dan Handal Selama Idul Fitri 1445 H

Jakarta (Netizenku.com): Sepekan menjelang Hari Raya Idul Fitri 2024, PT PGN Tbk selaku Subholding Gas Pertamina memastikan kesiagaan layanan Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri 2024 (Satgas RAFI 2024). Tidak hanya menjelang Idul Fitri, Satgas RAFI akan terus bertugas pasca Idul Fitri sampai dengan 21 April 2024.

Sampai dengan saat ini, realisasi penyaluran gas bumi di 18 provinsi, 74 kabupaten berjalan aman. Untuk supply gas, PGN mengelola sekitar 866 BBTUD. Sedangkan volume niaga gas kurang lebih 860 BBTUD yang terdistribusi untuk 819.197 Sambungan Rumah (SR), 3.108 komersial dan industri dan 1.986 usaha kecil. Layanan BBG untuk transportasi juga aman dengan penyaluran sebesar 22.133 LSP.

Dari posko Satgas RAFI Subholding Gas di IMOC Graha PGAS Jakarta, seluruh infrastruktur dan fasilitas gas bumi Subholding Gas juga terpantau aman. Kini PGN Group memiliki dan mengelola 32.343 KM pipa gas, 16 SPBG serta 3 LNG Terminal. Satgas RAFI 2024 melibatkan Anak Perusahaan maupun Afiliasi, sehingga kegiatan operasi berlangsung secara terintegrasi.

“Satgas RAFI PGN sudah aktif siaga memonitor dan mengendalikan penyaluran gas agar seluruh pelanggan dapat merayakan hari raya dengan nyaman. Kegiatan monitoring tekanan gas juga dilakukan secara realtime melalui SCADA System. Agar keamanan selalu terjaga, Satgas RAFI secara periodik melakukan patroli jaringan dan infrastruktur,” terang Direktur Sales dan Operasi PGN Ratih Esti Prihatini, (2/4/2024).

Ratih melanjutkan, tim penanganan gangguan turut siaga 24 jam untuk menjaga kehandalan penyaluran gas dan penanganan apabila terjadi insiden. Jika pelanggan ataupun masyarakat membutuhkan bantuan terkait gas bumi, dapat menghubungi Call Center di nomor 135 atau Kantor Area PGN. PGN menguatkan pengamanan baik internal maupun eksternal dengan melibatkan TNI dan Polri.

“Kami juga antisipatif terhadap gangguan suplai gas yakni dengan memanfaatkan gas LNG di FSRU Lampung untuk pasokan gas ke PLN Group. Di samping itu, CNG digunakan untuk back up supply apabila ada gangguan penyaluran,” ujar Ratih.

Sampai dengan saat ini, tidak terdapat kasus yang mempengaruhi kelancaran operasional Satgas RAFI 2024. Meski demikian, PGN tetap memperketat pengamanan dan meningkatkan kewaspadaan untuk mencegah insiden security yang dapat mengganggu ataupun merugikan lingkungan operasi.

Ratih mengingatkan khususnya pelanggan jargas rumah tangga untuk memperhatikan keamanan, apabila akan meninggalkan rumah dalam waktu cukup lama untuk mudik ke kampung halaman. Pengguna jargas dihimbau untuk menutup valve di dekat meteran sehingga gas yang mengalir ke rumah akan berhenti secara otomatis.

Pembayaran tagihan gas bumi dapat dilakukan di mana saja melalui e-commerce sesuai dengan banyaknya gas yang dipakai. Tagihan gas akan muncul setiap tanggal 6, kemudian penggunaan dapat dibayar mulai tanggal enam sampai 20. Untuk memonitor pemakaian gas yang akan dibayar secara realtime, pelanggan disarankan untuk mengunduh aplikasi PGN Mobile. (Rls/Len)